spot_img
Sabtu 4 Mei 2024
spot_img
More

    Kepedulian Berdemokrasi Picu Meningkatnya Partisipasi Pemilih Perempuan

    BANDUNG, FOKUSJabar.id: Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Barat menyatakan bahwa jumlah partisipasi pemilih perempuan yang menggunakan hak pilih saat Pilkada 2018 meningkat.

    Sebanyak 10.848.556 perempuan menggunakan hak pilihnya, sementara itu pengguna hak pilih laki-laki mencapai 9.780.168 orang.

    Ketua DPRD Jabar Ineu Purwadewi Sundari mengatakan, meningkatnya partisipasi pemilih perempuan di Pilkada Serentak 2018 Jabar dipengaruhi kepedulian berdemokrasi.

    “Besarnya jumlah penduduk pun ikut memengaruhi, dan keterlibatan perempuan dalam pemilu ini pun cukup baik, ” kata Ineu di Bandung, Kamis (5/7/2018).

    Pencapaian tersebut, kata Ineu, harus terus dijaga dan ditingkatkan. Pihaknya pun akan mendorong masyarakat Jabar untuk berpartisipasi dalam pemilu-pemilu yang berlangsung.

    ” April 2019 nanti kita akan ada Pileg, lalu Pilpres. Tentunya partisipasi pemilih harus meningkat di Jabar,” jelas dia.

    Ineu pun mengapresiasi peningkatan partisipasi masyarakat di Pilkada tahun ini. Sebelumnya tingkat partisipasi hanya 63 persen, tahun ini mencapai 70 persen lebih.

    “Artinya ini peningkatan partisipasi pemilih yang baik di Jawa Barat, namun tetap harus terus ditingkatkan, ” jelas dia.

    Sementara itu, Komioner Divisi Sosialisasi KPU Jabar Nina Yuningsih mengatakan, peningkatan jumlah partisipasi pemilih perempuan itu mendongkrak target partisipasi pemilih 70 persen secara keseluruhan.

    “Bukan klaim ya, karena kami berusaha terus sejak adanya tahapan. Bahkan hingga menjelang pemungutan suara pun kami terus intensif melakukan kegiatan sosialisasi dan pendidikan pemilih, baik langsung mau pun tidak langsung, “kata Nina.

    Nina menyebut bahwa secara umum jumlah partisipasi pemilih di Jabar tahun ini lebih rendah dari target KPU RI, yakni 77 persen. Namun untuk ukuran di provinsi penyangga Ibukota Negara, hasil tersebut dianggap luar biasa.

    (LIN)

    Berita Terbaru

    spot_img