spot_img
Minggu 26 Mei 2024
spot_img
More

    Arus Balik Lebaran Terminal Cicaheum Bandung Normal

    BANDUNG, FOKUSJabar.id : Kepala Terminal Cicaheum Kota Bandung, Roni Hermanto menegaskan jika tidak terjadi arus balik di terminal bus yang menjadi pintu kedatangan ke Kota Bandung dari arah timur pada angkutan Lebaran tahun 2018. Hal ini merujuk pada pengalaman arus balik Lebaran di terminal Cicaheum pada tahun-tahun sebelumnya.

    ‎”‎Untuk arus kedatangan atau arus balik Lebaran di terminal Cicaheum ini tidak terlalu signifikan‎ karena sebagian besar terjadi di terminal Leuwipanjang,” ujar Roni saat ditemui di Terminal Cicaheum, Jalan Ahmad Yani Kota Bandung, Rabu (20/6/2018).

    Untuk arus balik Lebaran sejak H+1 hingga H+3, Selasa (19/6/2018) kemarin, lanjut Roni, baru sekitar 3m000 penumpang yang tiba di terminal Cicaheum. Bahkan ‎dari hasil evaluasi angkutan lebaran tahun ke tahun sendiri, arus balik di terminal Cicaheum ini hanya berkisar di angka 2500-an orang‎ penumpang.

    ‎”Jadi tidak ada puncak arus balik di terminal Cicaheum. ‎Selain itu, banyak juga yang sudah turun ‎di sepanjang jalur menuju terminal seperti di Cileunyi, Cibiru, Ujungberung, dan juga di pool bus malam masing-masing,” terangnya.

    Selain itu, lanjut Roni, puncak arus balik Lebaran 2018 pun tidak bisa diprediksi. Pasalnya, waktu libur sekolah yang masih panjang dan sebagian besar penumpang terminal cicaheum merupakan penumpang Antar Kota Antar Provinsi (AKAP).

    ‎”Jadi kedatangan mereka melalui terminal Cicaheum bisa saja terjadi tidak pada saat arus kedatangan di angkutan lebaran‎ ini. Kemungkinan besar mereka akan kembali ke Kota Bandung pada arus kedatangan hari biasa‎ tidak saat arus balik lebaran,” tuturnya.

    ‎Sementara hingga H+4 Lebaran 2018 atau Rabu (20/6/2018) siang, sudah sekitar 432 penumpang yang tiba di terminal Cicaheum dengan menggunakan 54 bus. Sementara untuk jumlah keberangkatan mulai Selasa (19/6/2018) pukul 20.00 WIB‎ hingga Rabu (20/6/2018) siang ini, sebanyak 221 penumpang yang menggunakan 41 bus.

    ‎”Karena untuk keberangkatan bus AKDP itu biasanya pada pagi hari dan bus AKAP pada sore hari.‎ Saya prediksi, hingga malam ini masih akan ada keberangkatan dan kedatangan penumpang melalui,” tegasnya.

    (ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img