spot_img
Kamis 23 Mei 2024
spot_img
More

    Petugas Gabungan Gelar Ramp Check di Terminal Cicaheum

    BANDUNG, FOKUSJabar.id : Petugas gabungan dari Dinas Perhubungan (Dishub) Provinisi Jawa Barat, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung, Polrestabes Bandung, dan Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Bandung, menggelar uji kelaikan (ramp check) kendaraan angkutan menjelang musim mudik Lebaran 2018 di terminal Cicaheum Kota Bandung, Selasa (5/6/2018). Dari ramp check yang dilakukan pada 13 bus, petugas gabungan menemukan tujuh bus yang tak laik jalan.

    Kepala Terminal Cicaheum, Roni Hermanto menuturkan, setiap bus yang berangkat dari Terminal Cicaheum akan periksa kelaikannya. Meliputi mesin, ban, rem, lampu-lampu, kaca dan aspek lain termasuk surat-surat kendaraannya.

    “Jika dinilai tak laik jalan, mereka harus memperbaikinya dan melengkapi surat-surat kendaraannya. Setelah diperbaiki dan semua lengkap, baru bisa kembali beroperasi,” ujar Roni saat ditemui di sela-sela pelaksanaan ramp check di Terminal Cicaheum Kota Bandung, Selasa (5/6/2018).

    Roni menambahkan, pemeriksaan dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan saat di perjalanan. Dengan pelaksanaan ramp check, memberikan peluang lebih besar kepada calon penumpang untuk selamat sampai tujuannya.

    “Selain mengecek kelaikan kendaraan, kita pun melakukan tes kesehatan yang melibatkan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung maupun BNN Kota Bandung. Selain memastikan kendaraan laik pakai, kita pun ingin memastikan para sopir dalam kondisi prima,” terangnya.

    Menyambut musim mudik Lebaran 2018, lanjut Roni, terminal Cicaheum menyiapkan 191 bus yang terdiri atas 108 bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP), dan 83 bus Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP). Pihaknya pun sudah menyiapkan sebanyak 30 bus bantuan jika sewaktu-waktu terjadi penumpukan penumpang.

    “Jumlah bus yang disiapkan, kami kita cukup untuk memenuhi kebutuhan mudik lebaran tahun ini. Apalagi trend penumpang melalui terminal Cicaheum mengalami penurunan dan kami prediksi akan ada penurunan sekitar 5 persen dibanding tahun lalu. Ini karena banyak pemudik yang berpindah ke kendaraan pribadi atau kereta api,” tegasnya.

    Pada tahun 2017, dari H-7 hingga H+7, Terminal Cicaheum memberangkatkan sekitar 40.500 orang penumpang. Jumlah tersebut menurun sekitar 18 persen dibanding tahun 2016 yang mencapai 53.000 pemudik. Untuk puncak mudik di Terminal Cicaheum, diprediksi pada H-3 hingga H-2 lebaran seperti halnya pada tahun lalu.

    (ageng/bam’s)

    Berita Terbaru

    spot_img