spot_img
Rabu 8 Mei 2024
spot_img
More

    72 Persen Warga Jabar Sudah Mengakses Air Bersih

    BANDUNG, FOKUSJabar.id: Tidak hanya dalam proses pengelolaan sampah, teknologi untuk pengelolaan air bersih di Jawa Barat (Jabar) juga mencontoh negara-negara maju seperti Jepang. Demikian disampaikan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) di Gedung Sate Bandung.

    Aher mengatakan bahwa ada 72 persen warga Jabar yang sudah bisa mengakses air bersen. Artinya masih ada 28 persen yang masih mendapat air kurang bersih atau air belum terjamin baik.

    Seharusnya, kata dia, pengunaan air di Indonesia, khususnya di Jabar seperti negara Jepang. Di sana air untuk mandi sama kualitasnya dengan air minum.

    “Kita tidak. Di Indonesia ini ada tiga tingkatan, tingkat A untuk minum, tingkat B untuk mandi dan C untuk mencuci,” kata Aher.

    Menurut dia, air sungai dan air danau memungkinkan untuk keperluan air bersih. Berbeda dengan air tanah, jika digunakan untuk keperluan sehari-hari akan mengakibatkan abrasi.

    “Maka dari itu kita terus konsen dengan Citarum bersih. Karena ini salah satu sumber yang bisa dijadikan air bersih untuk masyarakat Jabar,” kata dia.

    (Ibenk/LIN)

    Berita Terbaru

    spot_img