spot_img
Rabu 26 Juni 2024
spot_img
More

    Tahap Pertama Dana Desa Cair ke Seluruh Kabupaten di Indonesia

    BANDUNG, FOKUSJabar.id : Direktur Pelaksanaan Anggaran Direktorat Jenderal (Ditjen) Perbendaharaan Kementerian Keuangan Republik Indonesia Didyk Choiroel mengungkapkan, seluruh dana desa tahap pertama sudah cair ke seluruh kabupaten di Indonesia.

    “Tahap Pertama dana desa Rp12 triliyun sudah cair semua dari kas Negara ke seluruh kabupaten di Indonesia. Tinggal dari kabupaten ke desa belum semua,” kata Didyk di Gedung Dwi Warna Kantor Wilayah Ditjen Perbendaharaan Provinsi Jabar, Jumat (18/5/2018).

    Dia mengungkapkan, tahapan pencairan dana desa tahun 2018 berbeda dengan tahun sebelumnya. Jika tahun 2017 lalu pencairan dana desa melalui dua tahap tahun sekarang menjadi tiga tahap.

    “Tahapan pencairan dana desa tahun ini berbeda dengan tahun lalu, jadi sekarang ada tiga tahap mulai 20 persen, 40 persen, dan tahap ketiga 40 persen,” ucapnya.

    Didyk menjelaskan bahwa pada tahun ini Presiden Republik Indonesia mempercepat pencairan dana desa untuk mendukung program cash for work, jadi sebanyak 60 persen dari dana desa harus digunakan untuk kegiatan padat karya.

    “Dulu pengerjaan dikerjakan dengan kerjasama pihak ketiga, sekarang diminta agar dilakukan oleh masyarakat desa,” ujar Dydik.

    (Ibenk)

    Berita Terbaru

    spot_img