spot_img
Jumat 3 Mei 2024
spot_img
More

    Rayakan Hari Jadi dan HUT Satlinmas, Satpol PP Kota Bandung Gelar Aksi Sosial

    BANDUNG, FOKUSJabar.id : Berbagai kegiatan sosial menjadi cara Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Bandung merayakan hari jadinya ke-68 dan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-56 Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas). Mulai dari kegiatan donor darah hingga pemberian bantuan bahan pokok bagi keluarga kurang mampu.

    Usai pelaksanaan apel pagi yang digelar di Plaza Balai Kota Bandung, Jalan Wastukancana Kota Bandung, Rabu (25/4/2018), kegiatan perayaan HUT ke-56 Satlinmas pun dilanjutkan dengan kegiatan Gerak Jalan Santai. Penjabat Sementara (Pjs) Wali Kota Bandung, M Solihin, Kepala Satpol PP Kota Bandung, Dadang Iriana, beserta jajaran muspida Kota Bandung bersama-sama melakukan gerak jalan santai.

    Jarak tempuh jalan santai sendiri mencapai 5 kilometer. Dengan rute melintasi Jalan Babakan Ciamis, Nangkasuni, Jalan Linggawastu, Jalan Tamansari, Jalan Sawunggaling, Jalan Purnawarman, Jalan Merdeka dan kembali ke Plaza Balai Kota Bandung.

    Di sela-sela gerak jalan santai yang melintasi gang-gang perumahan, Pjs Wali Kota Bandung, M Solihin dan Kepala Satpol PP Kota Bandung, Dadang Iriana yang diampingi Camat Sumur Bandung, Sri Mayaningsih, memberikan bantuan sembako langsung kepada warga kurang mampu. Tepatnya di RW 03 Kelurahan Babakan Ciamis, Kecamatan Sumur Bandung, Kota Bandung.

    “Perayaan ulang tahun kali ini lebih baik dengan kegiatan sosial yang memberikan manfaat kepada masyarakat dan digagas Satpol PP. Jadi tidak hanya dirasakan Satpol PP saja, tapi juga oleh masyarakat,” ujar Solihin saat ditemui di Balai Kota Bandung, Jalan Wastukancana Kota Bandung, Rabu (25/4/2018).

    Sekretaris Satpol PP Kota Bandung, Tantan Surya Santana menambahkan, keluarga kurang mampu yang mendapatkan bantuan sendiri merupakan keluarga-keluarga yang terlewati para peserta jalan santai. Untuk data kelaurga kurang mampu penerima bantuan, pihaknya pun berkoordinasi dengan tiga kelurahan yang terlewati rute jalan santai.

    “Dari data yang kami terima tersebut lah, kami memberikan bantuan kepada keluarga kurang mampu. Peserta jalan santai pun melakukan GPS atau Gerakan Pungut Sampah di sepanjang rute yang terlewati,” ujar Tantan.

    Selain pemberian bantuan kepada keluarga kurang mampu, lanjutnya, kegiatan sosial lain yang dilakukan yakni aksi donor darah yang bekerja sama dengan PMI Kota Bandung. Selain itu, pihaknya pun mengerahkan sekitar 400 anggotanya untuk melakukan gerakan kebersihan di sekitar Alun-alun Kota Bandung. Mulai dari membersihkan sampah di area rumput sintetis hingga di jembatan penyeberangan.

    “Kami melakukan pengecatan pada area-area yang terdapat aksi vandalisme. Hanya vandalisme yang merusak fasilitas umum, kalau mural tidak kita ganggu karena itu sudah terkonsep,” tambahnya.

    Selain melakukan aksi sosial yang disebut dengan Bhakti Praja, Satpol PP Kota Bandung pun melaksanakan aksi Praja Wibawa yakni penertiban di berbagai titik. Hal ini dilakukan terutama untuk mengantisipasi pelanggaran menjelang bulan Ramadan.

    “Kita akan antisipasi, karena biasanya menjelang puasa PKL itu menjamur lagi. Penertiban ini dilakukan bekerja sama dengan aparat penegak hukum lain, seperti Satlinmas, kepolisian, dan TNI serta melibatkan tim kewilayahan,” pungkasnya.

    (ageng/bam’s)

    Berita Terbaru

    spot_img