spot_img
Sabtu 18 Mei 2024
spot_img
More

    Masyarakat Kawasan Hulu DAS Citarum Beralih Profesi

    BANDUNG, FOKUSJabar.id : Kepala Penerangan Daerah Militer (Kapendam) III Siliwangi, Kolonel Arh Desy Ariyanto menjelaskan, penanganan pencemaran Sungai Citarum di Kabupaten Bandung menunjukan perubahan positif mulai dari kawasan hulu.

    Menurutnya, penanganan Citarum mulai dari kawasan Hulu sudah berjalan dan memberikan dampak serius kepada masyarakat sekitar. Mereka beralih profesi dari sebelumnya sebagai buruh sayuran, kini menanam ribuan pohon dengan kualitas ekologis dan ekonomis. Bahkan, berkebun menanam kopi untuk menjadi mata pencaharian.

    ” Kenapa perubahannya kok cepet? Karena kalau dulu itu kerjanya masing – masing. Sekarang dibawah satu kesatuan komando bahkan langsung kementrian terkait yang membawahi,” ujar Desy, Rabu (25/4/2018).

    Seperti diketahui, sungai terpanjang di Jawa Barat ini, berada dalam kondisi kritis dengan tingkat ketercemaran paling tinggi di dunia. dan menjadi jalur pembuangan limbah industri tekstil, kimia dan medis.

    ” Permasalahan Citarum kita urai, permasalahan di Hulu itu kan hutan gundul, masyarakat kebanyakan kerja jadi buruh tani perkebunan kentang. Sekarang mereka sudah mulai sadarbahwa hal itu akan merugikan, apa? Ya akan gundul,” katanya.

    ” Kita wadahin juga, siapkan bibitnya, sudah ribuan pohon ditanam, jadi tidak nanam lagi sayuran yang tidak punya kekuatan ekologis atau menahan longsor dan sebagainya. Memang tidak langsung menghasilkan tapi ke depannya mereka sudah mandiri, tidak lagi jadi buruh,” tambahnya.

    (Adie/Bam’s)

    Berita Terbaru

    spot_img