spot_img
Minggu 19 Mei 2024
spot_img
More

    Aher Akui BUMD di Jabar Masih Harus Dirasionalkan

    BANDUNG, FOKUSJabar.id: Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) menyatakan menyatakan bahwa pembenahan terhadap kinerja Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) terus menjadi prioritas.

    Seperti diketahui, dari 13 BUMD di Jawa Barat, tercatat hanya dua yang dianggap berkontribusi maksimal pada Pendapatan Asli Daerah (PAD), yaitu Bank BJB dan PT. Jasa Sarana.

    “Sejak 2008 kita terus melakukan pembenahan, sebagian sudah berhasil dan sehat. Sebagian lagi masih dalam penyehatan. Saya kira ke depan kita harus punya orientasi bahwa BUMD harus dipantau terus, disehatkan dan dirasionalkan,” kata Aher, Selasa (24/4/2018).

    Menurut dia, porsi tenaga kerja di BUMD tertentu berada pada jumlah besar dan berakibat menjadi beban bagi BUMD. Kendati begitu, pihaknya pun tidak bisa memberlakukan PHK, karena perlu adanya pembiayaan APBD.

    “Mencuat ke permukaan tentang kebanyakan tenaga kerja pada BUMD – BUMD tertentu. Ini menjadi beban bagi BUMD,” kata dia.

    Sebelumnya, Panitia Khusus (Pansus) Laporan Kinerja Pertanggungjawaban (LKPJ) menyebutkan, terdapat dua BUMD di Jabar, yakni BJB dan PT Jasa Sarana yang berkinerja baik.
    Dua perusahaan tersebut tercatat berkontribusi maksimal untuk PAD.

    “Yang bagus ada dua, BJB dan PT. Jasa Sarana yang bergerakdalam bidang jalan Tol,” kata Ketua Pansus LKPJ Gatot Cahyono.

    BJB, lanjut Gatot, sudah masuk sebagai 12 bank terbesar di Indonesia. PAD yang dihasilkan per tahunnya antara Rp300 sampai dengan Rp350 milyar. Sedangkan PT. Jasa Sarana mancapai Rp11 milyar.

    “Kalau yang lain ada yang sudah mulai baik, tapi sisanya harus dievaluasi dari sisi prospek,” terangnya.

    Perusahaan yang masuk dalam tahap tersebut di antaranya, PT. Migas Hulu yang menjalani patnership dan Internship dengan Pertamina untuk mengelola Blok Offshore North West Java (ONWJ). Selanjutnya PT. Jasa Wisata yang memiliki banyak aset diharuskan mengkonsolidasikan internal pegawai.

    (Adie/LIN)

    Berita Terbaru

    spot_img