spot_img
Senin 20 Mei 2024
spot_img
More

    Banjir Cicaheum Akibat Eksploitasi KBU

    BANDUNG, FOKUSJabar.id : Hujan deras yang mengguyur wilayah Bandung pada Selasa (20/3/2018) sekitar pukul 16.00 WIB, menimbulkan banjir dikawasan Cicaheum Kota Bandung. Banjir yang terjadi pun sebagai akibat meluapnya air dari sungai Cicabe karena debit yang sangat tinggi.

    Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (DPKPB) Kota Bandung, Ferdi Ligaswara mengaku jika pihaknya sudah memprediksi akan kejadian banjir ini. Bahkan pihaknya sudah jauh-jauh sebelumnya memberikan warning akan terjadinya banjir bandang seperti di Cicaheum saat ini.

    “Saya sudah katakan jauh sebelumnya dan sudah memberikan warning jika kondisi seperti ini akan terjadi dan bukan hanya kali ini saja. Ini lebih dikarenakan eksploitasi kawasan Bandung Utara,” ujar Ferdi saat dihubungi Selasa (20/3/2018).

    Ferdi menambahkan, pihaknya selalu mengingatkan akan bencana yang mungkin terjadi lebih besar dari kejadian banjir yang saat ini terjadi. Untuk itu, dirinya dengan tegas meminta pihak-pihak terkait untuk secepatnya menghentikan eksploitasi pembangunan di Bandung Utara.

    “Bagaimana pun juga resapan air sangat menentukan terjadinya bencana seperti banjir ini. Pengawasan-pengawasan oleh tiga atau empat daerah harus dilakukan termasuk pengendalian atau bahkan melakukan tindakan penertiban. Jurang atau tebing saja dibangun, itu kan sudah sangat menyalahi aturan,” pungkasnya.

    (ageng/bam’s)

    Berita Terbaru

    spot_img