spot_img
Jumat 10 Mei 2024
spot_img
More

    Rehabilitasi Citarum, Jokowi Akan Pantau 3 Bulan Sekali

    KAB BANDUNG, FOKUSJabar.id: Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) mendampingi Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menanam pohon di area hulu sungai Citarum tepatnya di lahan milik PTPN, Desa Tarumajaya, Kertasari, Kabupaten Bandung, Kamis (22/2/2018). Penanaman pohon itu menjadi tanda dimulainya rehabilitasi daerah aliran sungai (DAS) Citarum.

    Bersama Pangdam III/Siliwangi, Kapolda Jabar dan 3 ribu masyarakat desa tersebut ikut ambil bagian dalam penanaman 18 ribu bibit pohon dari total 293 ribu bibit.

    Dalam kesempatan itu Jokowi mengatakan bahwa rehabilitasi Sungai Citarum dari hulu, tengah, hingga hilir adalah pekerjaan besar dan panjang, serta membutuhkan waktu penyelesaian hingga 7 tahun, sehingga sumber air Citarum bisa dirasakan manfaatnya oleh 28 juta warga Jabar dan DKI Jakarta.

    “Sudah kita hitung, dan memang ini pekerjaan besar,” kata Jokowi.

    Untuk memastikan rehabilitasi berjalan lancar, Presiden akan memantau langsung pengerjaan secara rutin setiap tiga sampai enam bulan sekali.

    “Akan saya lihat secara rutin untuk memastikan bahwa program ini betul-betul berjalan. Saya lihat sudah mulai di sini diberikan lahan oleh PTPN 980 hektar untuk persemaian, untuk ditanami dan untuk relokasi, kemudian Perhutani juga memberikan lahannya yang kita harapkan segera bisa kita hijaukan kembali,” terangnya.

    Menurut dia, rehabilitasi bukan hanya dilakukan di hulu sungai saja, tetapi harus terintegrasi di tengah hingga hilirnya seperti penanganan polusi dan limbah industri. Rehablilitasi ini dilakukan gotong royong melibatkan pemerintah pusat, provinsi, dan kabupaten-kota.

    Semuanya akan dikerjakan secara terintegrasi oleh pemerintah pusat, semua Kementerian yang terlibat, Provinsi, kabupaten-kota dan yang paling penting wilayah Kodam III Siliwangi dan Polda Jabar semua dikerjakan secara gotong royong.

    Usai melalukan penanaman, Presiden Jokowi beserta rombongan memantau kondisi situ Cisanti atau titik nol kilometer sungai Citarum. Dalam kesempatan itu Jokowi melakukan pelepasliaran dua ekor burung elang jawa secara simbolis. Dilanjutkan dengan berdialog bersama perwakilan warga yang tinggal di DAS Citarum di area bale sawala.

    “Memang sudah lama sungai Citarum ini kurang kita urus tapi dengan mengucap Bismillah bulan Februari ini kita jadikan momentum untuk memulai kerja besar ini,” tekad Jokowi.

    (LIN)

    Berita Terbaru

    spot_img