spot_img
Kamis 25 April 2024
spot_img
More

    SMP IT Al Mashduqi Garut Raih Penghargaan Sekolah Adiwiyata 2022

    GARUT,FOKUSJabar.id: SMP IT Al Mashduqi Garut mendapat piagam penghargaan sebagai Sekolah Adiwiyata tingkat Kabupaten Garut Jawa Barat (Jabar) tahun 2022.

    Penghargaan tersebut diserahkan Sekda Garut, Nurdin Yana yang didampingi Kepala Dinas Lingkungan Hidup (LH), Jujun Juansyah Nurhakim kepada Kepala SMP IT Al Mashduqi Garut, Nispi Gustia Nurani bertempat di Kantor Dinas LH, Rabu (16/11/2022).

    BACA JUGA: AMBS Garut Siap Ikut Program Sekolah Adiwiyata Tingkat Provinsi Jabar 2022

    Sebagai informasi, penghargaan Adiwiyata diberikan kepada sekolah yang berhasil secara konsisten melaksanakan Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah (GPBLHS).

    GPBLHS adalah aksi kolektif secara sadar, sukarela, berjejaring dan berkelanjutan yang dilakukan oleh seluruh warga sekolah dalam menerapkan perilaku ramah lingkungan hidup.

    Sekda Garut, Nurdin Yana mengucapkan terima kasih kepada para Kepala Sekolah (Kasek) penerima penghargaan Sekolah Adiwiyata tahun 2022 yang telah mengimplementasikan sekaligus konsen dalam mendidik.

    “Terima kasih yang sebesar-besarnya kepada para Kasek penerima penghargaan Sekolah Adiwiyata 2022 yang telah mengipmlementasikan sekaligus konsen dalam mendidik anak-anak kita untuk peduli terhadap aspek lingkungan sebagai bagian dari pendidikan karakter,” kata Sekda.

    Menurut Sekda, tujuan gerakan peduli dan berbudaya lingkungan hidup di sekolah, ingin memberikan pelajaran bagi anak-anak sejak dini agar tumbuh rasa cinta terhadap lingkungan bagi kelestarian alam secara keseluruhan.

    “Ini semua tentunya untuk kebaikan masa depan kita semua,” tegas Nurdin Yana.

    BACA JUGA: Santri Murid AMBS Garut Juara 3 KSM 2021 Tingkat Provinsi Jabar

    Kadis LH Kabupaten Garut, Jujun Juansyah Nurhakim mengapresiasi SMP IT Al Mashduqi Garut atas pencapaian yang telah diraihnya sebagai sekolah penerima penghargaan Adiwiyata 2022.

    “Penghargaan tersebut berdasarkan hasil penilaian tim penilai Adiwiyata (Dinas LH) dan SK Bupati Garut No421/Kep.233-DLH/2022 tentang Penetapan Sekolah Adiwiyata Tahun 2022,” jelas Jujun.

    Kadis LH menyebut, GPBLHS merupakan turunan dari program Adiwiyata yang digagas Kementerian Lingkungan  Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia.

    Harapannya, seluruh peserta didik SMP IT Al Mashduqi Garut menjadi generasi yang peduli terhadap lingkungan.

    Kepala SMP IT AlMashduqi Garut, Nispi Gustia Nurani bersyukur sekolah binaannya mendapat apresiasi sebagai sekolah Adiwiyata Kabupaten Garut 2022.

    “Rasa syukur yang tidak terhingga kepada Allah SWT atas perolehan apresiasi berupa penghargaan Sekolah Adiwiyata 2022 dari Pemkab melalui Dinas LH,” ucapnya.

    “Ini merupakan suatu kehormatan bagi kami. Di mana salah satu program unggulan Kami yang merupakan unit sekolah yang tidak terpisahkan dari Al Mashduqi Boarding School (AMBS) Garut. Yakni, program Living Values Education (LVE),” Nispi menambahkan.

    Program LVE sambung Nispi, diimplementasikan dalam sebuah program gerakan yang melibatkan seluruh warga sekolah dengan nama “Al Mashduqi Eco School” sebagai bagian dari gerakan peduli dan berbudaya Lingkungan Hidup di sekolah.

    BACA JUGA: Kematian Misterius Keluarga di Kalideres, Polisi Sampai Libatkan 4 Ahli

    “Ini semua kami hadirkan sebagai langkah ikhtiar dalam meningkatkan kondisi lingkungan sekolah yang semakin bersih, hijau, asri dan sehat yang menjadi bagian penting habituasi pendidikan karakter sesuai visi AMBS Garut ‘Habituasi Pendidikan Karakter Generasi Qur’ani Menuju Sekolah Unggul Berwawasan Global dan Kelestarian Lingkungan,” pungkasnya.

    (Tisna Wibawa/Bambang Fouristian)

    Berita Terbaru

    spot_img