spot_img
Sabtu 1 Oktober 2022
spot_img
More

    Luar Biasa! Pemprov Jabar Raih Opini WTP ke-11 Kalinya

    JAKARTA,FOKUSJabar.id: Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar) mendapat apresiasi Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) minimal 10 kali berturut-turut dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Republik Indonesia.

    Apresiasi tersebut diserahkan langsung Menteri Keuangan, Sri Mulyani kepada Gubernur Jabar, Ridwan Kamil (Emil) dalam  Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah Tahun 2022 di Gedung Dhanapala, Kementerian Keuangan RI, Jakarta, Kamis (22/9/2022).

    BACA JUGA: Soal Mobil Listrik, Gelora Muda Sebut Emil Seperti Selebgram

    Sebelumnya, Pemprov Jabar menerima Opini WTP ke-11 kali secara beruntun atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun Anggaran (TA) 2021 dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI.

    Tak hanya Pemprov Jabar, sedikitnya 17 Kabupaten/Kota di Jabar mendapatkan apresiasi Opini WTP minimal 5 kali berturut-turut (2017-2022) dari Kemenkeu RI.

    Yakni, Kabupaten Bandung, Bekasi, Ciamis, Kabupapaten/Kota Cirebon, Garut, Kuningan, Majalengka, Pangandaran, Karawang, Purwakarta, Sumedang, Kabupaten/Kota Sukabumi, Kota Bogor, Cimahi dan Kota Tasikmalaya.

    Dalam Rakernas yang mengusung tema “Mengawal Akuntabilitas Keuangan dan Kinerja untuk Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat,” Sri Mulyani mengapresiasi para menteri, pimpinan lembaga negara dan kepala daerah yang telah menyampaikan laporan keuangan dengan baik.

    “Dua tahun lalu bukan tahun yang biasa. Di mana ada krisis kemanusiaan dan kesehatan akibat pandemi Covid-19. Saya apresiasi para menteri dan pimpinan lembaga serta Pemda yang menggunakan anggaran secara fleksibel dan responsif, namun tetap akuntabel serta transparan,” kata Sri Mulyani.

    Menurut Sri Mulyani, perekonomian Indonesia pada 2022 akan jauh lebih baik dari tahun sebelumnya.

    “Belajar dari 2021, Insya Allah kita akan mengelola lebih baik. Meskipun segala situasinya tetap tidak mudah,” tutup Menteri Keuangan.

    (Bambang Fouristian)

    Berita Terbaru

    spot_img