spot_img
Sabtu 1 Oktober 2022
spot_img
More

    Amerika Serikat Dominasi Kejuaraan Dunia Roundnet, Indonesia Gagal Berangkat

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Amerika Serikat mendominasi gelar juara pada Roundnet World Championship I yang digelar di Belgia, 8–11 September 2022. Sementara timnas Indonesia batal memberangkatkan tim.

    Timnas Amerika Serikat berhasil mengawinkan gelar di semua kategori lomba. Baik putra maupun putri. Yakni di kategori squad putra putri, campuran (mixed), maupun individual putra putri.

    fokusjabar.id roundnet kejuaraan dunia
    Timnas putri Amerika Serikat tampil sebagai juara dunia roundnet pertama. (FOTO: Istimewa)

    “Amerika Serikat memang layak menjadi yang terbaik saat ini karena memang cikal bakal roundnet hadir di dunia dan mulai ramai berbagai turnamennya sejak medio 2005 lalu. Jadi tidaklah aneh jika para atletnya sarat pengalaman dengan mental bertandingnya yang jauh lebih baik dari 32 negara lainnya peserta World Championship Belgia yang baru saja usai,” kata Ketua Umum PB Porsi Genta Fajar, Kamis (22/9/2022).

    Terkait batalnya timnas Indonesia berlaga di kejuaraan dunia roundnet pertama, diakui Genta, akibat permasalahan administrasi visa. Kondisi ini menjadi sebuah pelajaran berharga dan tidak boleh terulang dimasa depan dalam mempersiapkan timnas, khususnya yang akan berpartisipasi di ajang turnamen dunia.

    fokusjabar.id roundnet kejuaraan dunia
    Timnas roundnet Indonesia gagal berangkat ke Belgia mengikuti World Championship I. (FOTO: Istimewa)

    “Kita sebenarnya sudah menyiapkan empat timnas putra untuk berangkat ke Belgia dengan sumber pendanaan dari beberapa pihak sponsor. Namun sayang, kita gagal berangkat karena ada permasalahan visa. Untuk gelaran World Championship selanjutnya, kita pastikan akan memberangkatkan timnas dengan persiapan dan atlet yang lebih berkualitas,” Genta menuturkan.

    BACA JUGA:

    Kondisi Igbonefo Semakin Membaik 

    Kegagalan timns Roundnet Indonesia berangkat ke Belgia, kata Genta, sedikit terobati dengan kehadiran Dewan Pembina PB Porsi, Fary Djemi Francis mewakili kontingen Indonesia. Pada gelaran kejuaraan dunia tersebut, Fary mempromosikan Indonesia siap dan layak sebagai tuan rumah turnamen roundnet skala internasional.

    “Kehadiran Pak Fary Djemi Francis pada kejuaraan dunia bertepatan dengan kunjungan kerjanya ke negara tetangga Belgia yaitu Jerman. Saat mengetahui kontingen timnas gagal berangkat, beliau berinisiatif hadir sebagai perwakilan Indonesia,” Genta mengatakan.

    fokusjabar.id roundnet kejuaraan dunia
    Mewakili kontingen Indonesia di World Championship I, Dewan Pembina PB Porsi Ir. Fary Djemi Francis MMA (kaus putih) hadir di Belgia dan berfoto dengan timnas Taiwan. (FOTO: Istimewa)

    Meski batal berkiprah di kejuaraan dunia, pencapaian PB PORSI (Persatuan Olahraga Roundnet Seluruh Indonesia) patut dibanggakan. Meski baru masuk dan diperkenalkan di Indonesia pada awal 2020, namun sudah mampu memiliki organisasi resmi melalui gelaran Musyawarah Nasional (Munas) di komplek olahraga si Jalak Harupat, Soreang, Kabupaten Bandung, pada tahun 2021 lalu.

    “Jadi secara organisasi berdiri baru enam bulan, namun komunitas atau klub olahraga roundnet sudah banyak daerah dan sudah mampu menciptakan atlet timnas roundnet yang siap berlaga di ajang internasional. Itu pencapaian yang sudah sangat baik,” kata Genta.

    (Ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img