spot_img
Sabtu 1 Oktober 2022
spot_img
More

    YKI Kota Tasikmalaya Mewanti-wanti Bahaya Kanker Untuk Kaum Hawa

    TASIKMALAYA,FOKUSJabar.id: Yayasan Kanker Indonesia (YKI) menjadi mitra strategis pemerintah daerah dalam membantu meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Kota Tasikmalaya.

    Hal itu disampaikan Plh Wali Kota Tasikmalaya Ivan Dicksan Hasanuddin, saat pelantikan sekaligus pengukuhan Pengurus Cabang (PC) YKI Kota Tasikmalaya Periode 2022-2027 di Aula Balekota Tasikmalaya, jalan Letnan Harun Nomor 1 Kecamata Bungursari Kota Tasikmalaya Rabu (22/09/22).

    “YKI Kota Tasikmalaya harus bisa memberikan semangat dan motivasi bagi penderita kanker agar mereka tetap optimis dan selalu tegar dalam menghadapi penyakit,” kata Ivan.

    BACA JUG: Bawaslu Kota Tasikmalaya: Kesuksesan Pemilu 2024 Jadi Tanggungjawab Semua Pihak

    Menurutnya, YKI bagian terpenting dalam membangun sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas serta menjadi contoh dalam berperilaku hidup sehat.

    “YKI terus bekerja dalam mensosialisasikan program-programnya agar masyarakat lebih memahami dan mengetahui cara pencegahannya serta menjadi tempat konsultasi bagi penderita kanker agar mereka segera sembuh,” ujar Ivan Dicksan.

    Sementara Ketua YKI Cabang Jawa Barat Dradjat Suardi mengatakan, penyakit kanker ini tidak pernah surut dan penderitanya pun setiap harinya terus bertambah sehingga perlu diantisipasi.

    “Selama ini pola penanganan kanker berkutat pada kuratif yakni mengobati dan mengobati sehingga tingkat kesembuhannya lebih lama,” ujar Dradjat.

    “Harusnya penanganan kanker itu mulai dari promotif, preventif, suportif dan rehabilitatif, selama ini yang dikedepankan hanya mengobati, kalau dari hulu tidak ditangani maka itu akan mengalir terus, jadi penanganan yang tepat yakni dari hulunya,” katanya.

    Dia menambahkan, pola penanganan kanker saat ini harus diubah yakni dimulai dari hulu sehingga insidensi kanker akan menurun.

    “Paling penting yakni pola preventif, deteksi dini, kalau pengobatan itu nomor sekian,” kata dia.

    Menurutnya, penyakit kanker ini sebagian besar menyerang kaum wanita, pasalnya kaum hawa itu mempunyai dua organ yang rentan terhadap penyakit kanker yakni organ payudara dan leher rahim.

    “Wanita itu harus lebih menjaga diri dan kesehatannya karena rentan terkena penyakit kanker, kaum hawa harus rutin melakukan pemeriksaan sedini mungkin sehingga ketika terkena bisa ditangani sedini mungkin juga,” katanya.

    “Penyakit kanker ini bisa dibilang momok yang mengerikan bagi kaum hawa, karena menjadi pembunuh nomor satu,” kata dia.

    BACA JUGA: Bawaslu Kota Tasikmalaya: Kesuksesan Pemilu 2024 Jadi Tanggungjawab Semua Pihak

    Dirinya memberikan tips agar terhindar dari penyakit kanker yakni Cek kesehatan secara teratur, enyahkan asap rokok, rajin berolahraga, diet yang seimbang dan sehat, istirahat yang cukup serta kendalikan stres ( CERDIK) 

    Berdasarkan data, jumlah penderita Kanker rahim dan serviks di Kota Tasikmalaya sampai bulan Agustus, lalu sudah mencapai 161 orang, dan sudah puluhan yang meninggal dunia.

    (Seda/Anthika Asmara) 

    Berita Terbaru

    spot_img