spot_img
Sabtu 1 Oktober 2022
spot_img
More

    Vandalisme, Pemkot Bandung Minta Pemuda Aktifkan Youth Space

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung mengimbau para pemuda menyalurkan bakatnya dengan mengaktivasi youth space di wilayah masing-masing. Hal ini menyusul maraknya aksi vandalisme dengan mencorat-coret dinding kota.

    “Pengawasan sudah diarahkan bersama RW, Linmas, Kelurahan, Kecamatan, Polsek dan Koramil demi menjaga fasilitas umum agar tidak menjadi ‘kanvas’ baru aksi vandalisme,” kata Ketua Paguyuban Camat Kota Bandung Syukur Sabar di Taman sejarah, Jalan Aceh Kota Bandung, Rabu (21/9/2022).

    BACA JUGA: Pelaku Vandalisme di Mural Babakan Siliwangi Sudah Tertangkap, Ini Kata Yana

    Adapun solusi konkret yang sudah dijalankan, yakni berkoordinasi dengan pemilik toko (sasaran vandalisme) yang mengecat sendiri atau dibantu dari Pemkot Bandung.

    Biasanya vandalisme terjadi pada pukul 02.00-04.00 WIB dini hari oleh pelaku yang diduga anak muda berasal dari komunitas tertentu. Coretannya berupa tulisan, ada juga berbentuk gambar kartun.

    Pihak kewilayahan pun sering berkeliling untuk mencegah terjadinya vandalisme, dan tidak menemukan kasus yang dilakukan. Kalau pun ada pelaku yang tertangkap CCTV, sanksinya akan diterapkan oleh Satpol PP.

    Pihaknya menyarankan agar para pemuda menyalurkan bakatnya ke arah yang lebih positif, seperti melalui komunitas yang baik untuk membangun diskusi dan pengembangan bakat.

    BACA JUGA: Pengamen di Dago Kompak Bersihkan Coretan Dinding Kota

    “Mereka bisa bergabung di Karang Taruna, KNPI, atau bisa mengaktivasi youth space di wilayah masing-masing. Mereka bisa berlatih dan diskusi di sana,” kata dia.

    (Yusuf Mugni/LIN)

    Berita Terbaru

    spot_img