spot_img
Sabtu 1 Oktober 2022
spot_img
More

    Tingkatkan PADes, 4 Lokasi Wisata di Tanjungsari Ciamis Ditata

    CIAMIS,FOKUSJabar.id: Guna meningkatkan Pendapatan Asli Desa (PADes), Kepala Desa Tanjungsari, Kecamatan Sadananya, Kabupaten Ciamis Maman mulai manata empat lokasi wisata di wilayahnya.

    Menurut dia, empat lokasi tersebut berpotensi menjadi lokasi wisata yang bisa diandalkan, terlebih memiliki keindahan alam yang luar biasa. Dari empat lokasi tersebut, tiga di antaranya berada di Perum Perhutani.

    “Satu lokasi ada di desa kami (berada di tanah warga,” kata Maman, Rabu (21/9/2022).

    BACA JUGA: Objek Wisata Pantai Di Gunung Kidul Yang Cocok Untuk Berkemah

    Saat ini keempat lokasi tersebut masih dalam penataan dan pengelolaannya masih oleh komunitas masyarakat. Ke depan, pihaknya akan mengelola lokasi tersebut dengan membuat Peraturan Desa (Perdes), sehingga bisa menambah PADes.

    “Lokasi yang saat ini dalam penataan, yakni Buper Awi Lega, Eks Penangkaran Rusa dan Leuwi Keris. Satu lokasi lagi berada di tanah warga, yakni Green Canyon Leuwi Genteng dan Curug Panganten,” kata dia.

    Pihaknya berharap keempat lokasi tersebut bisa menjadi lokasi wisata, sehingga bisa menambah PADes dan kesejahteraan masyarakat setempat. Terlebih kesadaran warga membayar pajak sangat baik.

    BACA JUGA: Perda Desa Wisata Jadi Payung Hukum Dana Bantuan Pemrov Jabar

    “Target Rp57 juta dari PBB sudah terpenuhi sebelum Juni 2022 lalu,” kata dia.

    (Husen Maharaja/LIN)

    Berita Terbaru

    spot_img