spot_img
Sabtu 1 Oktober 2022
spot_img
More

    Lindungi Atlet dan Ofisial, PP Porprov XIV Jabar Gandeng BPJS Ketenagakerjaan

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Pengurus Pusat (PP) Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XIV Jawa Barat berencana bekerjasama dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Wilayah Jawa Barat dalam memberikan jaminan bagi para atlet, pelatih hingga ofisial kontingen kota/kabupaten. Hal tersebut terungkap saat BPJS Ketenagakerjaan menyerahkan santunan manfaat kepesertaan kepada salah seorang karyawan KONI Jabar yang meninggal dunia pada 2020, Djuanda pada Rabu (21/9/2022).

    Ketua PP Porprov XIV Jabar, M. Budiana mengatakan, kerjasama dengan BPJS Ketenagakerjaan pernah dilakukan KONI Jabar saat menghadapi PON XX tahun 2021 di Papua. Saat ini, seluruh atlet, pelatih dan ofisial kontingen Jabar didaftarkan sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan.

    “Untuk Porprov XIV Jabar kali ini, kita pun berharap ada jaminan bagi semua orang yang terlibat dalam Porprov XIV Jabar. Khususnya bagi atlet, pelatih, hingga ofisial kontingen kota/kabupaten sebagai peserta Porprov XIV Jabar. Ini sebagai antisipasi jika terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan,” kata Budiana yang juga menjabat sebagai Ketua Harian KONI Jabar.

    BACA JUGA: 3 Hari Libur, Pelatih Persib Fokus Benahi Kekurangan

    fokusjabar.id Porprov XIV BPJS
    Pertemuan antara PP Porprov XIV Jabar dengan BPJS Ketenagakerjaan Wilayah Jabar. (FOTO: Ageng)

    Untuk itu, lanjut Budiana, pihaknya menyarankan BPJS Ketenagakerjaan memanfaatkan momen Porprov XIV Jabar dengan memberikan jaminan bagi kontingen kota/kabupaten peserta. Dengan demikian, para atlet, pelatih maupun ofisial kontingen bisa bertanding dengan aman dan tenang sehingga kualitas pertandingan Porprov XIV Jabar bisa meningkat.

    “Untuk realisasinya, kami akan memberikan rekomendasi kepada BPJS Ketenagakerjaan dan nanti mereka yang melakukan follow up lanjutan kepada KONI Kota/Kabupaten. Jadi keputusan tetap di KONI kota/kabupaten, mereka nanti yang memutuskan,” kata Budiana.

    Deputi Direktur BPJS Ketenagakerjaan Wilayah Jawa Barat, Suwilwan Rachmat mengatakan, perlindungan terhadap pekerja olahraga sudah dituangkan dalam Undang-undang Sistem Keolahragaan Nasional (SKN) termasuk dalam Peraturan Menteri Ketenagakerjaan (Permenaker). Perlindungan bagi pekerja olahraga ini masuk dalam kategori pembinaan bakat dan minat.

    “Sebenarnya tidak hanya atlet yang berlomba di Porprov XIV Jabar tapi juga atlet-atlet dibawah usia 17 tahun seperti jaminan bagi atlet sepakbola asal SSB yang mengikuti kejuaraan dan itu sudah kami jalankan sebelumnya. Termasuk saat PON XX di Papua, kita pun sudah melakukan kerjasama seperti ini dengan KONI Jabar,” kata Willy (sapaan akrab Suwilwan Rachmat).

    Selain atlet dan pelatih, lanjut Willy, jaminan perlindungan pun bisa diberikan bagi pengurus cabang olahraga hingga staf/karyawan di bidang keolahragaan. Khusus untuk Porprov XIV Jabar, jaminan perlindungan bisa diberikan mulai dari pelaksanaan pemusatan latihan atlet, saat pertandingan, hingga pasca pertandingan.

    “Terkait pembiataan, kita memiliki dua kelompok besar yakni pekerja formal seperti untuk pekerja harian seperti staf/karyawan KONI. Dan satu lagi pekerja informal yakni jaminan perlindungan yang diberikan bagi setiap orang pada saat even tertentu seperti Porprov XIV Jabar ini. Biaya preminya relatif murah, hanya Rp16.800 per bulan atau per 30 hari dan ini murni asuransi untuk even,” Willy menerangkan.

    BACA JUGA: KONI Jabar Serahkan Santunan Rp129 Juta bagi Ahli Waris Djuanda

    Willy menuturkan, saat ini beberapa KONI kota/Kabupaten sudah melakukan kerjasama jaminan perlindungan dengan BPJS Ketenagakerjaan. Salah satunya di wilayah Bekasi.

    “Jadi kantor kami di Bekasi sudah melaporkan jika KONI di wilayah Bekasi sudah melakukan kerjasama. Kita berharap semua KONI kota/kabupaten bisa mengikuti hal yang sama sehingga para atlet, pelatih dan seluruh jajaran ofisial bisa bertanding dengan tenang, aman dan nyaman untuk mencetak preestasi maksimal di Porprov XIV Jabar nanti,” Willy menegaskan.

    (Ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img