spot_img
Sabtu 1 Oktober 2022
spot_img
More

    Desa Werasari Ciamis Jadi Percontohan Desa Digital Bank Bjb

    CIAMIS,FOKUSJabar.id: Dalam upaya mengembangkan Digitalisasi di Daerah, Bank bjb melakukan pilot project atau proyek percontohan Desa Digital di Desa Werasari, Kecamatan Sadananya Kabupaten Ciamis.

    CEO Regional III Bank bjb R. Lina Lisnaeni Ahmad menjelaskan, desa digital 2.0 merupakan program bank bjb sebagai turunan dari bidang digitalisasi Nusantara.

    “Pelaksanaan desa digital tidak bisa dilakukan serentak, sehingga kami melakukan pilot project terlebih dahulu salah satunya di desa Werasari,” kata dia saat diwawancara di Kantor Desa Werasari, Rabu (21/9/2022).

    BACA JUGA: bank bjb Jalin Kerja Sama dengan DPM Desa Jabar Tingkatkan IDM

    Lina mengatakan, tujuan program ini tersebut agar aktivitas bisa dilakukan secara digitalisasi dari mulai sistem pengelolaan keuangan desa, administrasi desa dan aktivitas masyarakat.

    Selain mencakup keuangan dan pelayanan, program ini juga mencakup UMKM dengan melakukan pemberdayaan masyarakat desa melalui pembinaan dan permodalan 

    “Masyarakat dalam bertransaksi bank tidak harus langsung ke bank tapi bisa di agen bjb bisa. Jadi ini sangat luas dan nanti disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat, desa ataupun Bumdes,” kata dia.

    Diungkapkan R. Lina, saat ini Kanwil III Bank bjb sudah melakukan project percontohan di 5 Desa di Jawa Barat salah satunya Desa Werasari Kabupaten Ciamis.

    Sementara itu Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat dan Pembinaan Kemasyarakatan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Ciamis Dania Rahayu menjelaskan penunjukan Desa Werasari sebagai pilot project karena sudah banyak produk bjb yang digunakan, aplikasinya lancar dan masyarakatnya sudah terbiasa memakai Q-Ris untuk bertransaksi.

    BACA JUGA: Ridwan Kamil Paparkan Desa Digital Di T20

    “Sebetulnya desa digital ini lebih ke pentransaksian secara digital di Bumdes setiap transaksi bisa memakai Q-Ris sebagai pembayaran dengan begitu bisa lebih tertib, aman gak ada istilah tercecer dan itu sudah berjalan selama 3 tahun di desa Werasari,” kata dia.

    Dia juga mengaku sangat bangga dengan penunjukan Desa Werasari sebagai pilot project desa digital dari Bank bjb, dengan begitu saat ini di Jawa Barat sudah ada 5 desa yang dijadikan pilot project.

    “Semoga itu bisa menjadi motivasi khususnya untuk Bumdes harus bisa menjadi penyangga ekonomi lokal sesuai filosofinya yakni untuk mensejahterakan masyarakat bukan untuk mengambil keuntungan sendiri,” kata dia.

    (Fauza/Anthika Asmara) 

    Berita Terbaru

    spot_img