spot_img
Sabtu 1 Oktober 2022
spot_img
More

    Pengamen di Dago Kompak Bersihkan Coretan Dinding Kota

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Para pengamen di perempatan Jalan Sulanjana, Jalan Dago dan Diponegoro kompak membersihkan coretan-coretan vandalisme di dinding kota yang dinilai merusak estetika di tempat mereka mencari nafkah.

    Koordinator aksi Dodi Permana mengatakan, kegiatan itu dilakukan untuk mengembalikan keindahan Kota Bandung yang terkenal dengan keindahannya, terlebih memiliki slogan Paris van Java.

    pengamen
    Aksi terpuji para pengamen di kawasan Dago, Cikapayang dan Sekitarnya membersihkan coretan dinding tidak jelas (Yusuf)

    “Setidaknya kita berusaha mengembalikan keindahan Kota Bandung yang kita cintai dengan cara semampunya. Tidak pakai anggaran negara atau pemerintah. Kegiatan ini kami lakukan sejak Senin (19/9) kemarin,” kata Dodi di Jalan Dago, Kota Bandung, Selasa (20/9/2022).

    Pihaknya mengaku kecewa karena beberapa titik yang telah dibersihkan, kembali dicoreti orang tak di kenal pada malam harinya. Pihaknya kecewa sekaligus kaget dengan coretan yang kembali ada, setelah mereka bersihkan.

    “Kami tidak bermaksud menjadi musuh para senima Mural yang menghasilkan karya seni rupa berkualitas bahkan dengan modal sendiri. Tapi kami lebih membersihkan coretan tidak jelas,” kata Dodi.

    BACA JUGA: Pengamen Ciamis Gelar Tes HIV/AIDS di Terminal

    Dia berharap seniman mural di Kota Bandung bisa memberikan karya mereka yang berkualitas di lokasi yang tepat, sehingga tidak membuat jelek pemandangan Kota Bandung.

    “Bikin yang indah, yang serius. Bila perlu, izin dulu, nggak masalah. Saya yakin Pemda juga punya selera sendiri. Jadi nanti karya seni mural itu tertib, nggak karut marut kaya gini,”kata dia.

    Keterbatasan modal, membuat Dodi dan rekan-rekan baru bisa membersihkan dua tempat saja. Dia berharap kegiatan yang dilakukan para pengamen ini bisa merangsang masyarakat melakukan hal serupa.

    Martin Hendrawan pengamen lainnya mengaku bangga bisa berkontribusi membersihkan coretan-coretan vandalisme yang merusak pemandangan kota. Martin berharap para pengguna kendaraan mengetahui bahwa para pengamen pun bisa membuat Kota Bandung kembali indah.

    “Kita juga berharap pengendara motor dan mobil tidak memandang sebelah mata, kita para pengamen bukan penjahat ,nggak usah takut lagi,” kata dia.

    Ketua DPRD Jabar Jenderal (purn) Taufik Hidayat mengaku bangga dengan aksi para pengamen, dan berharap Kota Bandung kembali bersih dan indah.

    “Harapannya Kota Bandung bisa kembali seperti zaman dulu yang indah bahkan dijuluki Paris van Javar dan Kota Kembang,” kata Taufik yang tak sengaja lewat di kawasan Dago.

    Melalui aksi yang dimulai oleh para pengamen, dia berharap masyarakat lainnya bisa ikut bergotong-royong mengembalikan keindahan Kota Bandung.

    BACA JUGA:Iseng, Pelaku Vandalisme di Baksil Bandung Diamankan

    “Ayo kita gotong royong, babarengan mengembalikan keindahan Kota Bandung lagi. Jangan corat-coret lagi,” kata dia.

    (Yusuf Mugni/LIN)

    Berita Terbaru

    spot_img