spot_img
Sabtu 1 Oktober 2022
spot_img
More

    Bawaslu Kota Tasikmalaya: Kesuksesan Pemilu 2024 Jadi Tanggungjawab Semua Pihak

    TASIKMALAYA,FOKUSJabar.id: Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Tasikmalaya merangkul berbagai stakeholder guna menjalin sinergitas dalam upaya menciptakan kondusifitas menjelang Pemilu 2024 mendatang.

    Ketua Bawaslu Kota Tasikmalaya Ijang Jamaludin mengatakan, sinergitas antar lembaga serta stakeholder sangat penting guna mewujudkan Pemilu yang kondusif. Rapat koordinasi (rakor) bersama stakeholder terkait mulai dari Kejaksaan, Brigif 13/Galuh, SatPol PP, Disdukcapil, Badan Keuangan Daerah, para Camat, hingga kepolisian menjadi upaya Bawaslu Kota Tasikmalaya menjaluin sinergitas.

    “Rakor antar stakeholder ini dipandang penting untuk mencegah pelanggaran pemilu nanti yang akan berdampak terhadap kondusifitas,” kata Ijang Jamaludin usai pelaksanaan Rakor Tahapan Persiapan Pemilu di Hotel Horison, Jalan Yudanagara, Kota Tasikmalaya, Selasa (20/9/2022).

    BACA JUGA: Sekda Kota Bandung: Lawan Aksi Vandalisme

    Bawaslu Kota Tasikmalaya, lanjut dia, memiliki peran strategis dalam menciptakan dan mewujudkan pesta demokrasi yang adil, lancar dan tanpa pelanggaran. Untuk itu, dibutuhkan peran dari semua pihak dalam menciptakan penyelenggaraan pemilu sesuai harapan semua.

    “Suksesnya proses pemilu bukan hanya tanggungjawab penyelenggara, namun seluruh stakeholder memiliki peran masing-masing untuk mensukseskan pelaksanaan demokrasi. Koordinasi dengan berbagai stakeholder harus terus terjalin guna mengantisipasi bentuk-bentuk pelanggan yang mungkin dan atau akan terjadi saat pelaksanaan pemilu,” dia menuturkan.

    Dalam pelaksanaan pemilu, lanjut dia, banyak unsur yang berkepentingan yang memungkinkan menimbulkan berbagai pelanggaran maupun gangguan. Pelaksanaan rakor pun menjadi persiapan dalam memulai tahapan pemilu.

    “Hasil dari rakor ini menjadi bahan bersama dalam memetakan dan membuat indeks kerawanan saat pelaksanaan pemilu. Termasuk mengkonsulidasikan hal-hal yang sifatnya spesifik kepada instansi terkait,” Ijang menegaskan.

    (Seda/Ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img