spot_img
Sabtu 1 Oktober 2022
spot_img
More

    bank bjb Jalin Kerja Sama dengan DPM Desa Jabar Tingkatkan IDM

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: bank bjb bersama Dinas Pemberdayaan Masyarakat (DPM Desa) Provinsi Jawa Barat menandatangani Perjanian Kerja Sama (PKS) peningkatan Indeks Desa Membangun Melalui Optimalisasi Patriot desa. Penandatangan dilakukan di Hotel De Braga, Kota Bandung, Senin (19/9/2022).

    Melalui kerja sama tersebut, masyarakat binaan Patriot Desa akan diberikan peningkatan literasi dan inklusi keuangan melalui produk perbankan dari bank bjb.

    Hadir dalam acara tersebut Direkut Komersial dan UMKM bank bjb Nancy Adistyasari, Pemimpin Divisi Kredit UMKM Denny Mulyadi,
    Pemimpin Divisi Hubungan Kelembagaan Isa Anwari, Pemimpin Divisi Kredit Ritel Rudy Purwadi, Executive Business Officer Jadi Kusmaryadi, Kepala DPM Desa Dicky Saromi, dan Kadis Koperasi dan Usaha Kecil Kusmana Hartadji.

    Untuk diketahui, Partiot Desa adalah program DPM Desa Jabar sejak 2019 beranggotakan para pemuda Jabar yang telah melalui proses seleksi, pelatihan dan pendidikan menggali potensi di desa serta memajukan desa.

    BACA JUGA: DPM Desa Jabar Gelar Sekolah Penataan Ruang Desa

    Saat ini sudah ada 200 orang Patriot Desa yang tersebar di 19 kabupaten, dan satu kota di Provinsi Jawa Barat.

    PKS antara bank bjb dan DPM Desa diharapkan mampu meningkatkan nilai Indeks Desa Membangun (IDM) melalui akselerasi literasi keuangan masyarakat desa dan pemerataan ekonomi desa. Terlebih dengan ketersediaan akses Kredit Mesra bank bjb maupun fasilitas perbankan lainnya.

    Patriot Desa nantinya akan merekomendasikan masyarakat binaan untuk dapat mengakses kredit bbjb Mersa dan produk perbankan lainnya.

    Tidak hanya itu, bank bjb pun memberikan literasi keuangan dan sosialisasi kredit Mesra serta produk bank bjb lainnya yang bisa dimanfaatkan untuk masyarakat desa.

    “bank bjb dengan DPM Desa Jabar memiliki visi-misi yang sama, yakni menyejahterakan masyarakat dengan berbagai cara. PKS ini menjadi salah satu ikhtiar, mudah-mudahan bisa terus dikembangkan dan berdampak positif untuk masyarakat,” kata Direktur Komersial dan UMKM bank bjb Nancy Adistyasari.

    Dia berharap kolaborasi ini bisa terus berlanjut dan berkembang. Selaku mitra strategi pemerintah Jabar, bank bjb memiliki komitmen mendukung program-program yang bisa memberikan nilai tambah bagi masyarakat, khususnya di desa.

    Adapun beberapa hal yang telah dilakukan, yakni digitalisasi desa dan penyaluran kredit Mesra bagi para pelaku usaha di desa. Hingga Agustus 2022, kredit bank bjb Mersa telah tersalur di 1.059 desa, 10.587 penerima manfaat dan total penyaluran Rp43.5 M.

    BACA JUGA: bank bjb Dukung Akselerasi dan Implementasi KEJAR di Jabar

    Pihaknya berharap kerja sama yang dijalur bisa mengakselerasi penyaluran kredit bank bjb Mesra dan produk bank bjb di wilayah desa, sekaligus menyejehterakan masyarakat.

    (LIN)

    Berita Terbaru

    spot_img