spot_img
Sabtu 1 Oktober 2022
spot_img
More

    7 Atlet Ice Skating Jabar Dikirim ke Kejurnas, Budiana: Raih Prestasi Terbaik

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Pengurus Provinsi (Pengprov) Federasi Ice Sakting Indonesia (FISI) Jawa Barat mengirimkan tujuh atlet terbaiknya pada kejuaraan nasional (kejurnas) bertajuk ‘Indonesia National Open Short Track Speed Skating Championships 2022’ di Oasis Centre Arena, AEON Mall Jakarta Garden City, Jakarta, Kamis (22/9/2022). Pelepasan atlet dilakukan langsung Ketua Harian KONI Jabar, M. Budiana serta Ketua Pengprov FISI Jabar, Wenda Aluwi di Grand Preanger Hotel, Jalan Asia Afrika Kota Bandung, Selasa (20/9/2022).

    fokusjabar.id ice skating kejurnas
    Ketua Pengprov FISI Jabar, Wenda Aluwi berfoto bersama tujuh atlet ice skating Jabar yang akan berlaga di kejurnas. (FOTO: Istimewa)

    Ketujuh atlet ice skating Jabar yang akan bertarung di kejurnas terdiri dari empat putra dan tiga putri yang diberi nama tim Papatong Ngabret. Ketujuh atlet tersebut yakni M. Rafy Ulya, Arsa Mizan Putra Firdaus, Avara Rajab Putra Firdaus, Attar Putra Edward, Jaquelyn Len Lyvia, Rasya Nayra Rajwadhani, dan Jeanne Kimberly Chan.

    “Mereka akan berangkat hari ini dan langsung melakukan ujicoba lapangan serta berlatih di ice rink Oasis Centre. Ketujuh atlet tersebut didampingi oleh tim pelatih dan ofisial,” kata Wenda usai acara pelepasan, Selasa (20/9/2022).

    Sebelum keberangkatan tim Papatpong Ngabret ke Jakarta, lanjut Wenda, para atlet sudah mengasah kemampuan dan keahlian mereka selama satu bulan di Gardenice Rink, PVJ Mall Bandung. Dari hasil latihan tersebut, para atlet diharapkan bisa memperlihatkan kemampuan terbaiknya di ajang kejurnas.

    “Kalau soal target, kita tidak mau muluk-muluk. Yang terpenting, para atlet bisa tampil sebaik mungkin dan mengeluarkan semua kemapuan terbaiknya,” Wenda menegaskan.

    BACA JUGA: Tokyo Game Show 2022, Ini Deretan Game Baru yang Muncul

    fokusjabar.id ice skating kejurnas
    Ketua Harian KONI Jabar, M. Budiana saat memberikan wejangan kepada atlet ice skating Jabar yang akan berlaga di kejurnas. (FOTO: Ageng)

    Sementara Ketua Harian KONI Jabar, M. Budiana mengungkapkan apresiasi dan kebanggaan kepada FISI Jabar yang telah mampu mengirimkan atlet utnuk berjuang di ajang kejurnas. Melalui ajang kompetisi, para atlet bisa mengukur kemampuan serta mengevaluasi hasil latihan untuk meningkatkan kemampuannya di masa depan.

    “Mewakili Ketua Umum serta jajaran pengurus KONI Jabar dan masyarakat Jabar, kami sangat bangga dengan keikutsertaan tujuh atlet ice skating Jabar di ajang kejurnas. Kita berharap bisa meraih prestasi terbaik di ajang kejurnas dan membawa gelar juara seperti yang kita harapkan semua. Latihan sudah dilakukan, tinggal tunjukkan yang terbaik di kejurnas nanti,” kata Budiana.

    Budiana berharap, Pengprov FISI Jabar bisa terus melakukan pembinaan terhadap atlet-atlet ice skating Jabar. Dengan demikian, slogan Jabar Juara untuk Indonesia bisa terus dipertahankan di berbagai kejuaraan single even maupun multi even.

    “Kami dari KONI Jabar selalu mendukung proses pembinaan yang dilakukan pengprov cabang olahraga, termasuk ice skating. Salah satunya melalui ajang Porprov XIV Jabar pada November 2022 nanti,” kata Budiana yang juga menjabat sebagai Ketua PP Porprov XVI Jabar.

    fokusjabar.id ice skating kejurnas
    Ketua Harian KONI Jabar, M. Budiana usai mengenakan jaket kontingen kepada salah satu atlet ice skating Jabar yang akan berlaga di kejurnas. (FOTO: Ageng)

    Untuk itu, lanjut Budiana, pihaknya masing menunggu pengajuan Pengprov FISI Jabar agar ice skating menjadi salah satu cabang olahraga eksebisi yang dipertandingkan di multieven olahraga empat tahunan di Jabar tersebut. Alasannya, ice skating dikabarkan menjadi salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan pada PON XXI di Sumut dan Aceh.

    “Jika di PON XXI nanti dipertandingkan, maka pintu awalnya dari Porprov XIV Jabar karena di tahun depan (2023) sudah mulai babak kualifikasi. Kami belum mendapat surat pengajuan dari FISI Jabar untuk eksebisi Porprov XIV Jabar, dan sangat disayangkan kalau memang tidak ada karena sudah ada sembilan pengcab FISI kota/kabupaten di Jabar. Jadi kami berharap ice skating ini bisa jadi cabang olahraga eksebisi Porprov XIV Jabar sehingga ada proses seleksi untuk PON XXI,” kata Budiana.

    Kejurnas Ice Skating ‘Indonesia National Open Short Track Speed Skating Championships 2022’ mempertandingkan sebanyak enam kategori jarak lomba. Yakni 222 meter, 333 meter, 500 meter, 777 meter, 1000 meter, dan 1500 meter.

    Untuk setiap kategori jarak, dipertandingkan dalam beberapa kelompok usia atlet. Mulai dari kelompok senior, junior A (17-18 tahun), junior B (15-16 tahun), junior C (13-14 tahun), junior D (11-12 tahun), junior E (9-10 tahun), dan junior F (under 8 tahun).

    Kejurnas Ice Skating ‘Indonesia National Open Short Track Speed Skating Championships 2022’ diikuti oleh ratusan atlet ice skating. Selain dari Indonesia, atlet ice skating asal luar negeri pun ikut serta yakni dari Vietnam dan Philipina.

    (Ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img