spot_img
Sabtu 1 Oktober 2022
spot_img
More

    World Cleanup Day: Pemkab Ciamis Ajak Masyarakat Bijak Kelola Sampah

    CIAMIS,FOKUSJabar.id: Peringati World Cleanup Day (WCD) atau lebih dikenal sebagai hari kebersihan dunia Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ciamis melaksanakan kegiatan bersih-bersih sampah di setiap Kecamatan dan Desa. 

    Kegiatan bersih-bersih sampah tersebut melibatkan masyarakat dengan tujuan menumbuhkan kepedulian dan perubahan perilaku setiap masyarakat dalam hal pengelolaan sampah.

    Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (DPRKPLH) Kabupaten Ciamis Taufik Gumelar mengatakan, kegiatan WCD tersebut sesuai dengan arahan Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya agar masyarakat bisa mengelola sampah.

    BACA JUGA: Tolak Kenaikan Harga BBM, Massa di Ciamis Geruduk DPRD

    “Di Ciamis kegiatan WCD tahun 2022 akan dilaksanakan dari tanggal 10 – 25 September di setiap Desa dan Kecamatan,” kata dia saat dikonfirmasi, Jumat (16/9/2022).

    Dikatakannya, DPRKPLH telah mengajak semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup Pemkab Ciamis termasuk Camat, Kepala Desa, sekolah, pesantren dan seluruh lapisan masyarakat agar mengikuti kegiatan WCD 2022.

    Nantinya, lanjut Taufik, masyarakat dan relawan yang mengikuti kegiatan WCD tersebut akan mengumpulkan sampah lalu dipilih untuk kemudian dibawa ke Bank Sampah yang tersebar di Kecamatan.

    “Mari bersama-sama ikut serta kegiatan World Cleanup Day 2022 dengan melakukan aksi cleanup pilah dan tabung sampah di bank sampah,” kata dia.

    BACA JUGA: Disdikbud Banjar: Tindakan YR Salahi Aturan

    Lebih lanjut, dia berharap dengan dilakukannya kegiatan WCD tersebut Kabupaten Ciamis bisa ikut berperan menjadi bagian dari 13 juta relawan untuk Indonesia bersih dan bebas dari sampah.

    “Insyaallah masyarakat di Ciamis bijak dalam mengelola sampah untuk mewujudkan Ciamis bersih, sehat dan bernilai,” katanya.

    (Fauza/Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img