spot_img
Sabtu 1 Oktober 2022
spot_img
More

    Masker Wajah Alami untuk Kulit Berjerawat

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Jerawat merupakan kondisi kulit yang mengalami peradangan kronis yang ditandai dengan munculnya komedo, pustula, papul dan kista. Jerawat merupakan salah satu masalah pada kulit dan dapat terjadi pada usia berapa saja. Penyebab kulit berjerawat dapat terjadi karena beberapa faktor misalnya pola konsumsi, kondisi wajah yang kotor, dan alergi terhadap komposisi skincare tertentu. Kemunculan jerawat di wajah biasanya ditandai dengan rasa sakit dan panas.
    Tentunya dengan keberadaan jerawat di wajah sangat mengganggu kenyamanan dan dapat mengurangi rasa percaya diri. Nah, untuk menghapus jerawat di wajah dapat dilakukan dengan merawat kulit yang berjerawat, diantaranya dengan penggunaan masker wajah dengan bahan aktif yang dapat menenangkan jerawat di wajah seperti tea tree oil, vitamin c, glycolic acid, dan sebagainya. Salah satu produk skincare yang dapat digunakan untuk mengurangi jerawat diantaranya masker wajah. Masker wajah dapat membantu untuk merawat kulit menjadi halus dan bersih.
    Berikut ini merupakan bahan-bahan alami yang dapat digunakan sebagai masker untuk kulit berjerawat, yuk kita simak bersama!

    BACA JUGA: 4 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Menurut Ahli Dermatologi

    1. Teh Hijau

    Teh hijau memiliki kandungan antioksidan yang tinggi sehingga dapat membantu untuk menghilangkan jerawat, Kandungan antioksidan dalam teh hijau juga dapat mengurangi produksi sebum dan menghambat pertumbuhan bakteri dan peradangan karena adanya flavonoid dan tanin dalam teh hijau. Cara menggunakan masker dari teh hijau cukup mudah yaitu dengan mengaplikasikan teh hijau yang sudah diseduh ke wajah menggunakan kapas atau botol spray, setelah itu didiamkan beberapa menit dan dibilas. Ampas teh hijau juga dapat dicampur dengan madu.

    1. Tea Tree Oil

    Minyak pohon teh merupakan minyak esensial dari hasil ekstraksi daun teh, minyak ini dapat membantu untuk mengurangi jerawat dengan melawan bakteri dan mengurangi peradangan yang terjadi pada kulit.

    Menggunakan tea tree oil sebagai bahan alami penghilang jerawat, yaitu sebagai berikut:

    • minyak pohon teh dicampur dengan air dengan komposisi 1:9
    • Selanjutnya, kapas yang sudah disediakan dicelupkan ke dalam minyak esensial dan dioleskan pada bagian wajah yang berjerawat
    • Langkah ini dapat dilakukan hingga 1-2 kali sehari, sesuai dengan kondisi jerawat yang dialami 

    Ingin membeli tea tree oil dari merk terbaik? Kami sarankan Anda melihat daftar rekomendasinya di situs pickybest.id untuk mendapatkan produk-produk berkualitas yang laris di pasaran.

    1. Lidah Buaya

    Lidah buaya merupakan tanaman yang telah dikenal memiliki berbagai macam manfaat. Lidah buaya memiliki gel bening yang biasa dijadikan sebagai gel lotion, sabun, dan salep. Umumnya lidah buaya digunakan untuk berbagai kondisi kulit seperti ruam, luka bakar, kulit kering dan lainnya. Tidak hanya itu, lidah buaya juga dapat digunakan sebagai bahan untuk mengobati jerawat sebab terdapat kandungan asam salisilat dan sulfur yang dapat digunakan untuk mengurangi jerawat secara signifikan. Penggunaan aloe vera dapat dilakukan dengan cara mengoleskan ke bagian yang berjerawat atau digunakan sebagai pelembab. Pastikan lidah buaya yang digunakan bersih dan tidak terdapat tambahan alkohol.

    1. Mentimun

    Mentimun merupakan bahan yang dapat dengan mudah ditemui dipasaran. Mentimun dikenal sebagai salah satu bahan anti inflamasi, selain sebagai bahan anti inflamasi mentimun juga dapat digunakan untuk mengurangi jerawat dan kemerahan pada wajah. Cara menggunakan mentimun sebagai bahan untuk mengurangi jerawat yaitu: 

    • Mentimun yang sudah dibersihkan, dipotong dan di blender
    • Tambahkan 2 sendok makan aloevera gel pada mentimun yang akan diblender
    • Campur dengan ½ sendok teh lemon segar 
    • Setelah semua bahan tersebut tercampur, oleskan ke wajah menggunakan kapas dan biarkan selama 10-15 menit
    • Setelah 15 menit bilas dengan air hangat
    1. Madu dan Kayu Manis

    Madu dan kayu manis memiliki kandungan antioksidan yang efektif untuk mengurangi jerawat. Antioksidan yang terdapat pada madu dan kayu manis diantaranya vitamin B3, Omega 6, dan natrium ascorbyl fosfat. Selain kandungan yang telah disebutkan madu dan kayu manis juga memiliki sifat antibakteri dan anti inflamasi sehingga dapat mengobati jerawat secara perlahan. 
    Untuk menggunakan madu dan kayu manis sebagai obat jerawat dilakukan dengan cara berikut yaitu:

    • Campurkan madu 2 sendok dan 1 sendok teh kayu manis
    • Bersihkan wajah terlebih dahulu, kemudian oleskan masker dan biarkan selama 10-15 menit 
    • Bilas masker sampai bersih dan keringkan 

    Sebelum dilakukan perawatan jerawat melalui masker dari bahan alami tersebut, alangkah baiknya untuk tes alergi dan mengoleskan sedikit pada bagian yang berjerawat agar tidak terjadi peradangan lebih lanjut.

    Ardi

    Berita Terbaru

    spot_img