spot_img
Sabtu 1 Oktober 2022
spot_img
More

    Honda Akan Luncurkan Motor Listrik Niaga, Ini Kisaran Harganya

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Honda Motor berencana meluncurkan motor listrik terbaru seiring dengan trend elektrifikasi yang tengah berkembang di dunia. Motor listrik ini disiapkan sebagai kendaraan niaga sebagai e: Business Bike, yang berguna buat kebutuhan bisnis konsumen.

    Dilansir dari kompas.com, motor listrik tersebut bakal digunakan di Thailand dan Vietnam oleh perusahaan pos. Sementara di Indonesia, akan digunakan oleh perusahaan ojek online seperti Gojek dan Grab

    “Honda mengeksplorasi berbagai model penggunaan pribadi di masa depan, termasuk opsi sumber tenaga lain selain baterai swap,” kata Managing Officer Honda Motor Co., Ltd. (HMC), Yoshishige Nomura dalam siaran Youtube Honda Global, seperti dikutip dari kompas.com, Selasa (13/9/2022).

    Nomura mengatakan, saat ini pihaknya belum bisa mengungkap mengenai harga jual produk tersebut. Alasannya, unit motor listrik pun belum resmi dipasarkan.

    “Maaf saya tidak bisa memberikan informasi apapun mengenai harga. Saya hanya bisa bilang harganya tidak akan sama dengan model ICE, itu saja,” Nomura menambahkan.

    Seperti diketahui, Honda sudah mengenalkan motor listrik keperluan niaga. Salah satunya PCX Electric di pasar Indonesia pada 2019.

    fokusjabar.id Honda motor listrik
    PCX Electric yang diperkenalkan di pasar Indonesia pada 2019. (FOTO: WEB)

    BACA JUGA: Lewat AHY Cup, Demokrat Ciamis Cetak Atlet Volly Berbakat

    Namun motor ini baru dilepas dengan skema penyewaan kepada perusahaan dalam mendukung operasional bisnis di berbagai lini atau business to bussines (B2B). Beberapa perusahaan dan institusi yang melakukan kerjasama antara lain Grab, Gojek, Kementerian Perhubungan, Kementerian Perindustrian, dan beberapa perusahaan untuk mendukung aktivitas.

    Honda Motor Co sendiri mengatakan akan menghadirkan setidaknya 10 model motor listrik sampai 2025. Targetnya PUN tidak main-main, secara global, Honda menargetkan penjualan 1 juta unit sepeda motor listrik dan mencapai 3,5 juta unit pada 2030.

    Salah satu skuter listrik Honda yang sudah hadir sejak tahun lalu ialah Honda U-Go yang diluncurkan Wuyang Honda, Agen Pemegang Merek (APM) Honda di China.

    China sendiri merupakan pasar sepeda motor listrik terbesar di dunia, moped elektrik dan sepeda elektrik diterima dengan sangat baik sebagai sarana mobilitas yang nyaman digunakan sehari-hari

    U-Go dipasarkan dengan dua tipe yakni regular dan low speed. Desainnya cukup minimalis, tidak banyak lekuk pada bagian bodinya. Di satu sisi, motor listrik ini juga jadi terlihat futuristik.

    Dikutip dari Rushlane, sistem pencahayaan skuter listrik U-Go sudah dibekali dengan teknologi LED. Mulai dari lampu utama hingga Daytime Running Light (DRL).

    Warna bodi pun dibuat kontras dengan warna hitam pada beberapa bagian. Sepeti area setang, dek tengah, kulit jok, sokbreker, dan peleknya. Aksen hitam ini pun memberikan kesan sporty.

    Fitur motor listrik ini memiliki kapasitas bagasi di bawah jok hingga 26 liter. U-Go pun memiliki laci di bagian depan, anti-theft alarm, dan soket USB untuk cas gawai.

    Spesifikasi U-Go ditenagai dengan baterai Lithium-ion 48V 30Ah. Sedangkan untuk motor listriknya, memiliki daya 1.2 kW. Untuk varian low speed, mendapat motor dengan daya 800W.

    fokusjabar.id Honda motor listrik
    Honda U-Go yang diluncurkan Wuyang Honda, APM Honda di China, sejak tahun 2021. (FOTO: WEB)

    Jika kapasitas baterai dalam kondisi penuh, skuter listrik ini diklaim mampu menempuh jarak hingga 65 km. Tapi, U-Go dapat menampung dua baterai sekaligus sehingga daya tempuhnya bisa dua kali lipat dan tembus hingga 133 km.

    Untuk kecepatan, U-Go diklaim dapat mencapai 53 km/jam. Suspensi depannya masih teleskopik namun suspensi belakang model ganda bisa diatur untuk preload-nya.

    Pada sistem pengereman, roda depan sudah menggunakan cakram. Sedangkan roda belakang masih mengandalkan rem tromol. Ban depan berukuran 12 inci, sedangkan belakang 10 inci.

    Honda U-Go dibanderol cukup terjangkau di China yakni mulai dari 7.499 yuan China atau sekitar Rp16,6 juta. Tipe tertingginya dibanderol 7.999 yuan China atau sekitar Rp17,7 juta.

    (Ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img