spot_img
Sabtu 1 Oktober 2022
spot_img
More

    5 Manfaat Mentimun untuk Kecantikan Wajah

    BANDUNG, FOKUSJabar.id: Manfaat mentimun, timun merupakan sayuran yang paling sering jadi santapan oleh masyarakat Indonesia.

    Sayuran yang sering jadi lalapan dan sayur ini ternyata banyak mengandung vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan tubuh.

    Selain untuk dikonsumsi, ternyata mentimun juga dapat menjadi bahan untuk perawatan wajah. Sudah banyak sekali produk-produk kecantikan wajah dan kulit menggunakan mentimun sebagai bahan dasar produk kecantikan.

    Dilansir dari halodoc menurut Heathline, mentimun mempunyai sifat antiinflamasi, mengandung antioksidan serta nutrisi seperti vitamin C dan asam folat. Mentimun untuk perawatan wajah dapat diolah menjadi masker lalu dicampur dengan bahan lainnya seperti lidah buaya.

    Mentimun dapat memberikan manfaat positif apabila dikonsumsi yaitu memberikan efek melawan peradangan dikarenakan mempunyai kandungan asam caffeic dan vitamin C. Selain itu, apabila kita gunakan untuk perawatan wajah tentunya akan dapat memberikan manfaat positif.

    Berikut 5 Manfaat Mentimun untuk Kecantikan Wajah:

    1. Mencegah Keriput di Wajah

    Manfaat Mentimun
    (foto: Web)

    Mentimun mengandung Vitamin C sehingga mampu merangsang pertumbuhan sel-sel baru. Dalam penelitian yang dimuat dalam Archives of Dermatological Research, menyebutkan bahwa kandungan antioksidan di dalam mentimun dapat melawan tanda penuaan. Mentimun dapat mengurangi bahkan menghilangkan kulit yang mengendur serta timbulnya garis-garis pada wajah.

    2. Mentimun Melembapkan Kulit Wajah

    Manfaat Mentimun
    (foto: Web)

    Mentimun memiliki kandungan 96 persen terdiri dari air, namun menurut penelitian menyebutkan bahwa pemakaian mentimun untuk wajah apabila tidak dikombinasikan dengan bahan lain akan mengurangi hidrasi pada kulit wajah. Maka, apabila akan menggunakan mentimun untuk perawatan baiknya menambahkan bahan lain seperti, yoghurt, lidah buaya atau madu untuk menambah hidrasi pada kulit.

    Baca Juga: 6 Manfaat Mentimun untuk Burung Kenari

    Pemakaian mentimun untuk perawatan kulit wajah sangat mudah, bisa diolah dengan menjadi masker. Caranya, iris mentimun menjadi beberapa potong lalu tempel di area wajah. Selain itu dapat ditumbuk sampai halus, lalu campurkan dengan bahan lainnya dan oleskan ke permukaan wajah untuk dipakai sebagai masker.

    3. Menyamarkan Kantung Mata

    Manfaat Mentimun
    (foto: Web)

    Manfaat mentimun untuk menyamarkan kantung mata, mentimun mempunyai kandungan vitamin C yang ternyata dapat menyamarkan mata panda atau kantung mata dan biasanya disebabkan karena kurangnya tidur. Gunakan mentimun dengan krim mata agar kulit tetap lembap dan tentunya istirahat yang cukup.

    4. Mengobati Iritasi Kulit pada Wajah

    Manfaat Mentimun
    (foto: Web)

    Mentimun memiliki kandungan antioksidan yang dapat memberikan efek menenangkan pada kulit yang iritasi. Kulit iritasi akan menimbulkan rasa gatal, perih dan wajah terasa terbakar, sehingga wajah akan terlihat kemerahan karena mengalami peradangan.

    Iritasi kulit ini sering disebabkan karena gigitan serangga, terbakar sinar matahari atau bisa jadi kulit yang sensitif terhadap kandungan skincare.

    5. Menghilangkan Jerawat

    jerawat Mentimun
    (foto: Web)

    Siapa yang tidak merasa terganggu dengan timbulnya jerawat di wajah, jerawat timbul diakibatkan kotoran dan pori-pori wajah yang menumpuk. Mentimun dapat membantu membersihkan kotoran pada pori-pori wajah karena senyawa yang terkandung di dalam mentimun mampu mengencangkan kulit wajah.

    Baca Juga: Sip! Mentimun Bisa Menurunkan Kolesterol

    Mentimun mempunyai kandungan yang sangat banyak manfaat positifnya, namun ada juga beberapa kriteria orang yang sebaiknya tidak mengkonsumsinya karena dikhawatirkan dapat membahayakan. Beberapa kriteria tersebut adalah pengidap Hiperkalemia, penderita masalah pernafasan, gula darah rendah, kondisi perut sensitif, dehidrasi dan alergi.

    (Erwin/Berbagai Sumber)

    Berita Terbaru

    spot_img