spot_img
Minggu 2 Oktober 2022
spot_img
More

    Objek Wisata Pantai Di Gunung Kidul Yang Cocok Untuk Berkemah

    FOKUSJabar.id: Objek Wisata di Provinsi Yogyakarta tepatnya di Gunung Kidul  bukan soal wisata sejarah namun banyak wisata yang menarik lainnya seperti pantai. 

    Bahkan pantai yang berada di wilayah Gunung Kidul Yogyakarta ini sangat nyaman untuk berkemah baik bersama keluarga maupun grup teman. 

    Kelebihan pantai di selatan Yogyakarta ini menyajikan pantai yang sangat indah dengan birunya air laut dan pasir putih yang cukup bersih. Beberapa titik pantai di Gunung Kidul ini sangat layak untuk dijadikan tempat berkemah dilansir dari beberbagai media.

     1. Pantai Nglambor

    Objek wisata Pantai Nglambor adalah tujuan wajib yang harus dikunjungi untuk wisata jika ke Yogyakarta, di tempat ini selain cocok untuk berkemah ada juga titik untuk snorkling. 

    Untuk ukuran pantai selatan, kawasan pantai termasuk dangkal daripada yang lain, sehingga sangat cocok untuk melakukan snorkeling. Masyarakat di sini sangat menjaga kelestarian bawah laut, adanya tradisi ngalangi yaitu melarang penangkapan ikan kecuali sekali dalam setahun. Oleh sebab itu, kelestarian pantai selalu terjaga dari tahun ke tahun.

    2. Pantai Wediombo

    objek wisata
    Pantai Wediombo. (Foto: Web)

    Pantai Wediombo, salah satu yang paling ramai dikunjungi di Gunung Kidul karena akses dari jalan raya ke pantai sangat dekat dibanding pantai-pantai lainnya di Gunung Kidul. Warung dan segala macam fasilitas juga mudah ditemui di sini.

    Garis pantainya cukup luas untuk dijelajahi dari ujung ke ujung. Banyak batu-batu karang yang dapat dijadikan pijakan dan dijadikan sudut foto menarik, disini kita berenang.

    Pantai di sini sedikit lebih dangkal dibanding pantai lainnya yang berdekatan tapi tetap saja tidak disarankan untuk berenang, karena arusnya yang deras dan dapat menarik pengunjung yang mencoba berenang terlalu jauh. 

    BACA JUGA: Dijamin Menantang, Ini Rekomendasi River Tubing di Jabar

    3. Pantai Sedahan

    Suasananya sepi, ditambah garis pantai yang pendek, pantai ini sangat cocok untuk kamu yang mencari ketenangan. Jarak tempuh dari jalan raya juga lumayan jauh dan harus mendaki beberapa bukit kecil untuk mencapainya.

    Ketika sampai, semua lelah bakal terbayar lunas, pemandangan pantai yang diapit oleh bukit, membuatnya sedikit terisolasi dibanding pantai-pantai lainnya di Gunung Kidul. 

    Waktu terbaik untuk mengunjunginya adalah saat musim kemarau .Sangat tidak disarankan mengunjungi pantai ini pada musim hujan karena air laut bisa pasang tiba-tiba dan dapat membuat pantai menjadi terendam air. 

    4. Pantai Sadeng

    Pantai ini berada jauh di ujung timur Kabupaten Gunung Kidul, sedikit dekat dengan perbatasan Jawa Tengah-Jawa Timur. Pantai Sadeng cukup ramai karena merupakan sebuah pemukiman nelayan dan dermaga yang cukup maju di Gunung Kidul lengkap dengan terminal pengisian bahan bakar, koperasi, juga tempat pelelangan ikan.

    Pengunjung bisa berkemah di pantai sambil menikmati ikan segar, kumpulan kapal nelayan yang bersandar, serta pemandangan sore hari Samudera Hindia. Apabila membutuhkan bantuan, penduduk di sini juga sangat terbuka untuk menolong.

    BACA JUGA: Ingin Tambah Pengetahuan, Kunjungi 4 Wisata Prasejarah di Jabar

    5. Pantai Jungwok

    Kalau mendengar namanya, Jungwok terdengar seperti salah satu Objek wisata  ada di Korea. Percayalah, padahal objek wisata ini benar di Indonesia tepatnya di Gunung Kidul. Area pantai cukup luas, mampu menampung banyak pengunjung. Dengan area bukit sekelilingnya, tempat berkemahnya pun jadi lebih variatif. 

    Di sini kita bisa memilih untuk berkemah di atas bukit atau di pantai. Dua-duanya memiliki sudut pandang yang berbeda untuk menyajikan Samudera Hindia. Karena pantai ini berdekatan dengan pantai-pantai lainnya seperti Wedi Ombo, Watu Lawang, Botorubuh sehingga distribusi pengunjung lebih merata.

    Berita Terbaru

    spot_img