spot_img
Sabtu 1 Oktober 2022
spot_img
More

    Pasien Cacar Monyet Pertama di Indonesia Dinyatakan Sembuh

    JAKARTA,FOKUSJabar.id: Pasien Cacar Monyet atau Monkeypox pertama di Indonesia sudah dinyatakan sembuh.

    Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan RI Maxi Rein Rondonuwu mengatakan, tiga kontak erat dengan pasien cacar monyet juga dinyatakan negatif.

    “Pasien sudah sembuh dan negatif. Kontak erat hasil laboratoriumnya semua negatif,”kata Maxi, Senin (29/8/2022).

    Kepala Seksi Surveilans Epidemiologi dan Imunisasi Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta Ngabila Salama mengatakan, hingga saat ini Dinkes masih terus memproses pemeriksaan spesimen serta pemantauan pasien dan kontak erat setiap hari.

    BACA JUGA: Kenali Berikut Ini 9 Gejala Awal Jika Terkena Penyakit HIV/AIDS

    Selain itu, tiga pasien kontak erat dengan penyakit monkeypox sebelumnya juga terus dipantau oleh tim dari Dinkes.

    “Saat ini dua orang keluarga pasien (terkonfirmasi Monkeypox) dan satu orang teman pasien semua sehat dan tidak bergejala serta selalu aktif dipantau oleh tim kami,” kata Ngabila, Minggu (28/8/2022).

    Sebelumnya, Kementerian Kesehatan mengumumkan satu warga negara Indonesia terkonfirmasi monkeypox.

    Pasien tersebut merupakan seorang laki-laki berusia 27 tahun, dengan riwayat perjalanan ke Belanda, Swiss, Belgia dan Perancis sebelum tertular.

    Berdasarkan penelusuran, pasien berpergian ke luar negeri antara tanggal 22 Juli hingga tiba kembali di Jakarta pada 8 Agustus 2022. Pasien mulai mengalami gejala awal monkeypox di tanggal 11 Agustus 2022.

    Setelah berkonsultasi ke beberapa fasilitas kesehatan, pasien masuk ke salah satu rumah sakit milik Kementerian Kesehatan pada tanggal 18 Agustus dan hasil test PCR pasien terkonfirmasi positif pada malam hari tanggal 19 Agustus.

    “Saat ini pasien dalam keadaan baik, tidak sakit berat dan ada cacarnya atau ruam-ruamnya di muka, di telapak tangan dan kaki. Pasien tidak perlu dirawat di rumah sakit, tapi cukup isolasi mandiri,” kata Juru Bicara Kementerian Kesehatan RI Mohammad Syahril (20/8/2020) lalu.

    “Transmisi monkeypox tidak semudah COVID-19 yang melalui droplet di udara, penularan monkeypox melalui kontak erat,” kata dia, seperti dilansir IDN.

    (Agung)

    Berita Terbaru

    spot_img