spot_img
Rabu 1 Desember 2021
spot_img
spot_img

FTI Jabar Kirim 5 Atlet ke Seleknas SEA Games 2022

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Pengurus provinsi (Pengprov) Federasi Triathlon Indonesia (FTI) Jawa Barat mempersiapkan lima orang atlet andalannya untuk mengikuti kejuaraan nasional ‘UNESA Triahtlon 2021’ yang digelar di Kampus Universitas Negeri Surabaya (UNESA), 2-5 Desember 2021. Kegiatan tersebut pun ditetapkan sebagai salah satu event Seleksi Tim Nasional Tahun 2021 untuk persiapan SEA Games 2022 di Hanoi, Vietnam.

Manajer tim Triathlon Jabar, Dika Chrisna Irzandi mengatakan, UNESA Triahlon 2021 mempertandingkan lima kategori lomba. Yakni nomor elite sprint triathlon, age group sprint triathlon, mixed relay woman-man-woman-man/youth, elite aquathlon, dan elite duathlon.

“Setiap kategori lomba yang dipertandingkan untuk kelompok putra dan putri,” kata Dika saat ditemui di gedung KONI Jabar, Jalan Pajajaran Kota Bandung, Selasa (23/11/2021).

fokusjabar.id FTI Jabar seleknas SEA Games 2022
Atlet FTI Jabar tengah melakukan latihan di lapangan Pajajaran untuk persiapan Seleknas SEA Games 2022 di ajang UNESA Triathlon 2021. (FOTO: Istimewa)

Untuk nomor elite sprint triathlon, lanjut dia, diikuti oleh atlet dengan usia minimal 16 tahun (2005). Setiap peserta harus menyelesaikan lomba renang 750 meter, dilanjutkan dengan sepeda 20 kilometer, lalu lari sejauh 5 kilometer.

Kemudian nomor age group sprint triathlon diikuti atlet dengan usia minimal 16 tahun dan digelar secara terbuka. Pada nomor ini, atlet akan bersaing menjadi yang tercepat di lomba renang 750 meter, sepeda 20 kilometer, dan lari 5 kilometer.

BACA JUGA: Kadus di Banjar Hilang Misterius, Prank Atau Fakta?

Untuk nomor mixed relay woman-man-woman-man/youth akan mempertandingkan renang 300 meter, bersepeda 7 kilometer, serta lari 2 kilometer dengan usia atlet minimal 15 tahun. Nomor elite aquathlon mempertandingkan lari 2.5 kilometer, renang 1 kilometer, dan lari 2.5 kilometer dengan usia atlet minimal 16 tahun (2005).

Terakhir untuk nomor elite duathlon dengan lomba lari 5 kilometer dilanjutkan bersepeda 20 kilometer dan kembali lari 2.5Km kilometer. Atlet yang bertanding minimal harus sudah berusia 16 tahun.

“Untuk nomor elite sprint triathlon dan age group sprint triathlon dilaksanakan pada 3 Desember, lalu mixed relay woman-man-woman-man/youth pada 4 Desember, terakhir nomor elite aquathlon, dan elite duathlon pada 5 Desember,” kata Dika.

Untuk atlet yang dipersiapkan FTI Jabar, kata Dika, beberapa diantaranya merupakan atlet-atlet Triathlon Jabar yang berlaga di ajang eksebisi PON XX di Papua. Diantaranya peraih medali emas, Zahra Bulan serta Eva Desiana.

“Tiga atlet lain yang kita persiapkan yakni Rudi Febriade, Aryandra Fauzi Mauludin, dan Rashief Amila Yaqin. Eva akan bertanding di nomor Elite Duathlon Putri, Bulan di nomor Elite Duathlon dan Triathlon Putri, Rudi di nomor Elite Duathlon Putra, serta Aryandra dan Rashief Amila di nomor Elite Aquathlon Putra,” Dika menuturkan.

fokusjabar.id FTI Jabar seleknas SEA Games 2022
Manajer Tim Triathlon Jabar, Dika Chrisna Irzandi bersama dua pelatih Wahyu Hidayat dan Imam Mubarak. (FOTO: Istimewa)

Dari lima atlet yang dikirimkan, Dika berharap bisa lolos sebagai penghuni pelatnas Triathlon Indonesia untuk pelaksanaan SEA Games 2022 di Hanoi, Vietnam. Sebelumnya, beberapa atlet Triathlon Jabar sudah menjadi langganan dalam komposisi tim pelatnas.

“Harapan kita, semoga bisa semuanya lolos ke pelatnas. Kalau pun tidak, ada yang tembus pelatnas. Rencananya, kita berangkat ke Surabaya pada 30 November,” kata dia.

Salah seorang atlet Zahra Bulan mengaku sangat termotivasi untuk bisa lolos ke pelatnas. Apalagi di ajang eksebisi PON XX berhasil meraih dua medali emas dari disiplin Aquathlon putri serta Triathlon.

“Sebelumnya pernah ikut seleknas untuk persiapan Asian Beach Games 2021 di venue Layar, Ancol, Jakarta, Selasa (29/12/2020). Tapi kejuaraan sendiri batal digelar, jadi ini yang kedua mengikuti seleknas dan saya bertekad bisa lolos,” kata Bulan.

Tim Seleknas Triathlon Jabar
Penanggungjawab : Kol. Tek. Dr. Gunaryo, MT. (Ketua Pengprov FTI Jabar)
Manajer : Dika Chrisna Irzandi
Pelatih : Wahyu Hidayat
Asisten Pelatih : Imam Mubarak
Ofisial : Budi Waliana
Atlet:

1. Eva Desiana (Kabupaten Bekasi)

2. Zahra Bulan (Kota Bandung)

3. Rudi Febriade (Kabupaten Bekasi)

4. Aryandra Fauzi Mauludin (Kabupaten Bekasi)

5. Rashief Amila Yaqin (Kota Bandung)

(Ageng)

Artikel Lainnya

spot_img
spot_img