spot_img
Sabtu 27 November 2021
spot_img
spot_img

Kejurnas Karate PB FORKI 2021 Usai, Tuan Rumah Finish Ketiga

BANDUNG,FOKUSJabar.id: DKI Jakarta keluar sebagai juara umum pada Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Karate ‘Piala Ketua Umum PB FORKI‘ Tahun 2021 kategori Cadet, Junior, dan U21 yang digelar di GOR Sabilulungan, komplek stadion si Jalak Harupat, Soreang, Kabupaten Bandung. Hingga laga terakhir yang digelar Minggu (7/11/2021) malam WIB, kontingen ibukota berhasil mengoleksi 10 medali emas, tiga perak, dan empat perunggu.

Kegemilangan tim DKI Jakarta tidak terlepas dari keberhasilan atlet mereka di kategori U21. Dari 13 kelas yang dipertandingkan di kategori U21, DKI Jakarta berhasil meraih lima gelar.

Yakni dari nomor kata perorangan putri, kumite putra +84 kg, kumite putra -75 kg, kumite putri -50 kg, dan kumite putri -55 kg. Sementara lima medali emas lain disumbangkan dari kategori cadet sebanyak dua medali emas dan kategori junior sebanyak tiga medali emas.

fokusjabar.id kejurnas karate
Pertandingan kumite putri pada Kejurnas Karate Piala Ketua Umum PB FORKI tahun 2021. (FOTO: Istimewa)

Peringkat dua ditempati Perguruan Inkai dengan raihan 6 emas, 4 perak, 7 perunggu. Diikuti kontingen tuan rumah, Jabar dengan raihan 5 emas, 5 perak, dan 4 perunggu.

Selain meraih juara umum, kontingen DKI Jakarta berhasil menempatkan atletnya sebagai peraih gelar Best of The Best (BoB). Yakni atas nama Josep Mariano di kategori junior putra usai mengalahkan perwakilan Inkai, Mazmiliano di partai final BoB Junior Putra.

Sedangkan untuk kategori junior putri, gelar BoB diraih atlet Inkanas atas nama Fadila Ramadani. Kemudian gelar BoB Cadet diraih Kadek Wisnu Juliarta (Bali) di kelompok putra dan Luvena Milano (Jateng) di kelompok putri.

Untuk kategori U21, gelar BoB putra diraih atlet asal Inkai atas nama Reza Mahendra. Untuk kelompok putri, disabet atlet karate asal Sumatera Utara atas nama Vanessa Effendi.

BACA JUGA: Pemkot Banjar Dinilai Kurang Serius dalam Pengembangan Wisata

fokusjabar.id kejurnas karate
Peraih gelar Best of The Best Kejurnas Karate Piala Ketua Umum PB FORKI Tahun 2021. (FOTO: Istimewa)

Sekretaris Jenderal PB FORKI, Raja Sapta Ervian mengaku sangat bangga dengan penyelengaraan kejurnas yang digelar di Jabar. Termasuk dari antusiasme setiap peserta dari pengprov FORKI maupun perguruan di Indonesia.

“Saya mengapresiasi kinerja FORKI Jabar sebagai tuan rumah pelaksana kejurnas ini. Dengan persiapan yang cukup singkat, ini sudah sangat bagus,” kata Ervian saat ditemui usai penutupan, Minggu (7/11/2021) malam WIB.

Ervian mengatakan, tingkat persaingan setiap provinsi dan perguruan sebagai peserta di ajang kejurnas sangat ketat. Tidak hanya di setiap kategori usia, tapi juga di setiap nomor pertandingan.

“Sangat kompetitif, ini bagus sebagai ajang peningkatan kualitas atlet. Apalagi ini menjadi even pertama yang digelar semenjak pandemi Covid-19 melanda,” kata dia.

Hasil pelaksanaan kejurnas, lanjut dia, akan secepatnya dievaluasi sehingga bisa lebih baik untuk kedepan. Baik dari sisi penyelenggaraan, jadwal pertandingan, hingga kualitas atlet yang bertanding.

“Kita menurunkan tim talent scouting pada kejurnas ini untuk melihat potensi-potensi atlet kita di kelas cadet, junior maupun U21. Kita akan persiapkan mereka untuk beberapa even internasional kedepan,” Ervian menegaskan.

fokusjabar.id kejurnas karate
Penghargaan pemenang di salah satu nomor kumite putri. (FOTO: Istimewa)

Salah satu even internasional terdekat yang akan diikuti Indonesia, kata Ervian, yakni The 19th AKF Senior and Cadet, Junior & U21 Championships 2021. Kejuaraan internasional tersebut, rencananya digelar di Kazakhstan pada 19-22 Desember 2021.

“Nanti tim talent scouting akan memberikan laporan ke kami, siapa saja atlet yang memang layak untuk kita kirim ke Kazakhstan. Yang pasti, atlet terbaik kita akan kirim,” kara dia.

Kejurnas Karate ‘Piala Ketua Umum PB FORKI’ Tahun 2021 diikuti 711 atlet karate dari 30 provinsi dan 22 perguruan dari total 34 provinsi dan 25 perguruan karate di Indonesia. Sebanyak tiga kelompok usia dipertandingkan yakni kategori Cadet (14-15 tahun), Junior (16-17 tahun), dan U-21 (18-21 tahun).

Untuk nomor yang dipertandingkan pada tiga kelompok usia mencapai 40 nomor pertandingan. Yakni 12 nomor kategori cadet, 13 nomor di kelompok usia junior, dan 15 nomor di kelompok usia U-21.

(Ageng)

Artikel Lainnya

spot_img
spot_img