spot_img
Kamis 25 April 2024
spot_img
More

    Sejarah Tercipta, Atletik Jabar Raih Juara Umum PON XX

    PAPUA,FOKUSJabar.id: Sejarah berhasil ditorehkan tim Atletik Jawa Barat pada gelaran PON XX/2021 di Papua. Digelar di stadion Atletik, Mimika Sport Complex, SP 2 Timika, Papua, 5-14 Oktober 2021, Jabar keluar sebagai juara umum dengan raihan 11 emas dan 5 medali perak.

    Jabar sendiri menjadi pembuka sekaligus penutup peraih medali emas dalam pertandingan cabang olahraga Atletik di PON XX/2021 Papua. Medali emas pertama di cabang olahraga atletik diraih atlet Jabar atas nama Agus Prayogo dari nomor lari 5000 meter putra dan ditutup oleh tim estafet putra Jabar dari nomor 4×400 meter putra.

    Jabar memimpin klasemen perolehan medali emas di cabang olahraga atletik sejak hari pertama pertandingan, Selasa (5/11/2021). Namun kepastian tim atletik Jabar menjadi juara umum harus menunggu hingga hari terakhir pertandingan pada Kamis (14/10/2021).

    Kepastian tersebut muncul usai tim atletik Jabar menambah dua medali emas dan satu medali perak. Dua medali emas diraih dari nomor tolak peluru putri dan 4×400 meter putra, sedangkan medali perak dari nomor lompat tinggi putri.

    fokusjabar.id pon xx atletik jabar
    Pelari keempat Jabar, Sumatroleko merayakan kemenangan setelah finish pertama di nomor 4×400 meter estafet putra pada pertandingan cabang olahraga atletik PON XX/2021 Papua di Stadion Atletik Mimika Sport Complex, Kabupaten Mimika, Papua, Kamis (14/10/2021). (FOTO: Istimewa) Tim lari estafet Jawa Barat meraih medali emas dengan catatan waktu 3:13.58 detik (Foto: PB PON XX PAPUA 2021/Peksi Cahyo)

    Di nomor tolak peluru putri, medali emas disumbangkan atlet andalan Jabar Eki Febri Ekawati. Eki berhasil melakukan tolakan sejauh 15,77 meter sekaligus mempertajam rekor atas namanya yang dicetak tahun 2017 di Jakarta dengan catatan 15,60 meter.

    Lalu dari nomor 4×400 meter, Jabar meraih medali emas atas nama Halomoan E.B, Umar Wira, M. Ramdhan Fitri, serta Sumatroleko. Quartet pelari estafet Jawa Barat, berhasil menjadi yang tercepat dengan catatan waktu 3:13.58 detik

    Sedangkan medali perak disumbangkan dari nomor lompat tinggi atas nama Ika Puspa Dewi. Atlet asal Kuningan itu berhasil melakukan lompatan setinggi 1.74 meter pada dua kali kesempatan, kalah atas atlet Bali Ni Made Eppi Wilantika yang mencapai tinggi lompatan yang sama pada satu kali kesempatan.

    Dengan tambahan dua medali emas dan satu perak, tim Atletik Jabar pun megoleksi total 11 medali emas dan lima medali perak. Jabar berhasil mengungguli DKI Jakarta di posisi runner up dengan raihan enam medali emas, lima perak, dan delapan perunggu, serta NTB dengan raihan enam medali emas, empat perak dan tiga perunggu di posisi ketiga.

    BACA JUGA: 96 Persen Pangan di Kota Bandung Didatangkan dari Luar Kota

    Ketua Bidang Pembinaan dan Prestasi Pengprov PASI Jabar, Nanang Mulyana mengatakan, KONI Jabar menargetkan tim Atletik Jabar untuk meraih delapan medali emas pada gelaran PON XX/2021 di Papua. Diantaranya dari nomor 5000 meter, 10K, marathon, jalan cepat putra, tolak peluru putri, dan lontar martil putri.

    fokusjabar.id PON XX Atletik Jabar
    Atlit tolak peluru putri Jabar, Eki Pebri Ekawati sukses meraih medali emas sekaligus memecahkan rekor nasional atas namanya sendiri dengan tolakan sejauh 15,77 meter pada pertandingan cabang olahraga Atletik PON XX/2021 Papua di Stadion Atletik, Mimika Sport Complex, Timika, Kamis (14/10/2021). (FOTO: Istimewa)

    “Hingga hari terakhir pelaksanaan, kita bisa meraih 11 medali emas dan lima medali perak. Melampaui target yang diminta KONI Jabar. Ini berkat kekompakan, kerja sama dan sama-sama kerja dari semua komponen di PASI Jabar serta kerja keras atlet dan jajara pelatih, termasuk doa dan dukungan dari 50 juta warga Jabar,” kata Nanang.

    Raihan di PON XX/2021, diakui Nanang, menjadi penghapus dahaga yang cukup lama. Pasalnya, Jabar tidak pernah meraih titel juara umum pada gelaran PON.

    “Sekarang, Jabar menjadi barometer pembinaan olahraga atletik di Indonesia,” Nanang menambahkan.

    Nanang mengaku, beberapa nomor berhasil meraih medali emas diluar target yang sudah dicanangkan. Seperti di nomor 100 meter putri, estafet 4×400 meter putra, serta lempar cakram putri.

    “Ini semua berkat motivasi tinggi dan kuat yang diperlihatkan para atlet saat bertanding. Terimakasih atas dukungan dan doa dari semua warga Jabar, KONI Jabar, pemprov Jabar, serta seluruh jajaran tim ofisial dan pengurusa PASI Jabar,” kata dia.

    (Ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img