spot_img
Rabu 1 Desember 2021
spot_img
spot_img

Loyalitas Dukungan Paguyuban Pasundan Timika bagi Atlet PON XX Jabar

PAPUA,FOKUSJabar.id: Loyalitas Kehadiran suporter dalam sebuah pertandingan olahraga menjadi hal cukup krusial dalam mendongkrak semangat. Pun demikian di setiap pertandingan cabang olahraga pada PON XX/2021 yang digelar di Bumi Cendrawasih, Papua.

Meski digelar di ujung timur Indonesia, kontingen Jawa Barat tetap mendapatkan dukungan penuh dari suporter. Bukan hanya warga Papua, tapi juga warga Jabar yang tergabung dalam Paguyuban Pasundan. Termasuk di wilayah Mimika yang mempertandingkan sebanyak 12 cabang olahraga.

Salah satu yang paling kentara terlihat di cabang olahraga futsal yang dilaksanakan di GOR Futsal SP 2 yang sudah selesai dilaksanakan pada Minggu (3/10/2021). Sejak hari pertama pertandingan, Jumat (24/9/2021) lalu, venue futsal yang terletak di Jalan Charitas SP 2, Wangirja, Kecamatan Mimika Baru, Kabupaten Mimika, Papua, tidak pernah sepi dari penonton.

Ditengah-tengah warga asli Papua yang memenuhi area GOR, hadir pula penonton asal Jabar yang kini menetap di Kota Emas ini. Dengan atribut khas baju warna biru, mereka tak henti-henti memberikan dukungan penuh bagi tim Jabar yang sedang berlaga.

Baca Juga: Buka Atletik PON XX, Luhut Akan Bangun Sentra Pelatihan di Timika

Teriakan-teriakan maupun nyanyian penyemangat pun menyambut kedatangan tim Futsal Jabar saat Rio Pangestu dkk menginjakkan kaki di lapangan futsal GOR SP 2. Dukungan itu pun menjadi penyemangat tambahan bagi Rio Pangestu dkk untuk meraih kemenangan demi kemenangan hingga mencapai babak final.

“Beda rasanya kalau main ada pendukung itu, nambah semangat. Kita merasa tidak sendirian disini, ternyata ada saudara-saudara kita juga di Mimika dengan loyalitas yang luar biasa, Papua,” kata kapten tim Futsal Jabar, Rio Pangestu.

loyalitas
PON XX

Tak hanya futsal, kehadiran loyalitas warga asal Jabar di Mimika pun dirasakan tim bola tangan yang baru tiba pada Senin (3/10/2021) lalu di bandara Mozes Kilangin, Mimika. Mereka langsung diantar ke lokasi penginapan sementara yakni di rumah salah seorang warga Jabar asal Sumedang yang rela salon miliknya disulap menjadi penginapan.

Bahkan kehadiran tim bola tangan Jabar yang berjumlah 34 orang itu pun, disambut langsung warga asal Jabar loyalitas di Mimika. Salah seorang sesepuh Paguyuban Pasundan Mimika, Supian Daelani pun menyempatkan hadir ditengah kesibukannya sebagai Kepala Pengadilan Agama Kabupaten Mimika.

“Kami selaku warga Pasundan di Timika akan mendukung penuh perjuangan para atlet Jabar di PON XX ini. Kami mendoakan atlet Jabar bisa meraih yang terbaik di PON XX ini,” kata Supian.

Menajer tim Bola Tangan Jabar, Yusuf Hidayat mengaku tidak pernah menyangka mendapatkan sambutan hangat warga Paguyuban Pasundan di Timika. Selain dukungan dan pelayanan dari KONI Jabar, tambahan dukungan dan pelayanan dari warga Jabar di Timika membuat pihaknya makin bersemangat untuk meraih prestasi di PON XX/2021.

“Terimakasih sebesar-besarnya kepada loyalitas Paguyuban Pasundan yang sudah meyambut dan menempatkan kami dengan sedemikian baik. Termasuk tim dari KONI Jabar di wilayah Timika yang sudah memberikan pelayanan dengan maksimal,” kata Yusuf.

Untuk kondisi tim, Yusuf mengaku jika seluruh anggota tim dalam kondisi fit dan sehat. Test PCR yang dilakukan di KONI Jabar sebelum keberangkatan pun menunjukkan hasil negatif.

“Kita sudah siap melaksanakan tugas menjaga dan menjunjung tinggi citra serta nama baik Jabar untuk berprestasi di PON XX. Mohon doa dan dukungan dari semua, terutama yang di Timika, sehingga loyalitas tim bola tangan bisa mencapai target Jabar Juara Kudu Meunang,” kata dia.

(Ageng)

Artikel Lainnya

spot_img
spot_img