spot_img
Sabtu 20 April 2024
spot_img
More

    Jabar Sahabat Papua, Emil Resmikan Wajah Baru Alun-alun Sorong

    SORONG,FOKUSJabar.id: Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil (Emil) hadir di Kabupaten Sorong dalam kunjungan kerjanya ke Provinsi Papua, Kamis (1/10/2021).

    Emil hadir di Kabupaten Sorong dalam rangka meresmikan Alun-alun Kabupaten Sorong yang kini tampil dengan wajah baru.

    Peresmian alun-alun ditandai dengan pemotongan pita di pintu gerbang alun-alun oleh Emil dan Bupati Sorong, Johny Kamuru serta jajaran Pemerintahan Kabupaten Sorong.

    BACA JUGA: Yeay! KTP Bisa Berfungsi Jadi NPWP!

    Revitalisasi Alun-alun Kabupaten Sorong sendiri sudah diinisiasi sejak 2017 silam.

    Emil itu mengatakan, dirinya diminta Bupati Sorong, Johny Kamuru untuk merancang wajah baru Alun-Alun Kabupaten Sorong saat dirinya menjabat Wali Kota Bandung.

    “Nah waktu Pak Bupati ketemu saya, saya bilang salah satu tempat yang dirindukan warga adalah alun alun,” Emil.

    “Maka pas saya gambar, harus ada ragam hias, ragam budaya. Lalu ada juga fasilitas olahraga, dan lainnya,” kata Emil.

    Salah satu yang menarik dari alun-alun tersebut, yakni adanya bangunan koridor yang dirancang menyerupai jajaran pohon-pohon besar.

    Emil mengatakan, bahwa hadirnya bangunan tersebut terinspirasi dari banyaknya pohon besar saat dirinya berkunjung ke Kabupaten Sorong.

    “Bangunan di depan itu inspirasinya memang dari banyaknya pohon-pohon besar di sini yang diwujudkan dalam bentuk struktur,” kata dia.

    Revitalisasi Alun-alun Kabupaten Sorong sendiri terbagi dari dua sisi, yakni sisi utara dan selatan. Kang Emil meresmikan alun-alun sisi utara yang sudah rampung direvitalisasi. Menurut Kang Emil, alun-alun sisi selatan nantinya akan hadir lebih megah.

    Sebagai wujud kebermanfaatan yang selama ini dianutnya, lanjut Kang Emil, dia bahkan sudah melobi pemerintah pusat melalui Menkopolhulam, Mahfud MD untuk membantu pembiayaan revitalisasi sisi selatan Alun-alun Kabupaten Sorong itu.

    “Kabar baiknya, saya juga sudah menghadap pemerintah pusat melalui Pak Mahfud MD (Menkopolhukam) yang rencananya akan membiayai pembangunan alun-alun tahap dua ini,” ungkap Emil.

    Kang Emil pun menyatakan bahwa kerja sama yang salah satunya diwujudkan melalui revitalisasi Alun-alun Kabupaten Sorong ini merupakan wujud kebersamaan antara Jabar dan Papua sebagai provinsi yang bersahabat.

    “Saya doakan, dengan kehadiran alun-alun ini, Kabupaten Sorong semakin maju. Pesan saya, setiap hari harus ada yang baru. Anak-anak harus pintar, sejahtera, dan hebat dari orang tuanya. Jangan sebaliknya,” kata Emil.

    Sementara itu, Bupati Sorong Johny Kamuru menyampaikan terima kasih atas kehadiran dan dedikasi Ridwan Kamil yang telah mendesain Alun-alun Kabupaten Sorong hingga kini tampil beda.

    “Ini memang sudah direncanakan sejak lama, tapi Puji Tuhan ini waktu yang tepat. Bayangkan, kemarin (kasus) Corona lagi tinggi-tingginya, lalu sekarang ada PON (Pekan Olahraga Nasional), dan Presiden mau ke sini (Papua), luar biasa,” kata dia.

    BACA JUGA: Luncurkan Petani Milenial Lebah Madu, Emil Ajak Pemuda Gerakan Ekonomi

     

    (Agung)

    Berita Terbaru

    spot_img