spot_img
Sabtu 16 Oktober 2021
spot_img
spot_img

Bola Basket Putri PON XX Jabar Ditekuk Bali di Laga Perdana

PAPUA,FOKUSJabar.id: Tim bola basket putri Jawa Barat mengawali laga perdana di ajang PON XX/2021 dengan hasil kurang memuaskan. Bertanding di GOR Basket, Mimika Sport Komplek, Papua, Kamis (30/9/2021), Jabar harus mengakui keunggulan Bali dengan akor akhir 47-56.

Tampil di laga perdana, srikandi Jabar teelihat gugup dan grogi. Beberapa percobaan tembakan yang dilakukan Husna Aulia dkk kerap gagal menembus jaring tim Bali.

Alhasil, Jabar pun tertinggal dalam perolehan poin atas Bali yang dimotori Dewa Ayu Kusuma. Hingga paruh pertama usai, raihan poin Jabar masih tertinggal dengan skor 20-27.

Di quarter tiga, Jabar coba mengejar ketertinggalan poin atas Bali. Tekanan yang dilakukan Dara, Namira, Clarita, maupun Nikita mampu merepotkan pertahanan Bali.

BACA JUGA: Panjat Tebing PON XX Jabar Baru Meraih 2 Perunggu

Tembakan dua maupun tiga angka yang dilancarkan mulai memperlihatkan hasil. Sebaliknya, tim Bali yang tertekan banyak melakukan foul dan memberikan free throw bagi Jabar.

Akhirnya, di akhir quarter tiga, untuk kali pertama Jabar memimpin dalam raihan poin. Jabar menutup quarter ketiga dengan skor 38-34, berbalik unggul atas Bali.

FOKUSJabar.id PON XX
(Foto: Ageng)

Namun konsistensi permainan di quarter tiga gagal dipertahankan Dara Tahirah dkk. Sementara Bali justru mampu bangkit dari tekanan melalui serangan yang dimotori Dewa Ayu, Ni Putu Eka Liana Febiananda, maupun Kadek Janis Jisanceghi.

Keunggulan Jabar pun kembali dilewati Bali. Bahkan saat waktu dibawah satu menit, Jabar masih tertinggal atas Bali sehingga harus mengakui tim Pulau Dewata dengan skor akhir 47-56.

Pelatih tim bola basket putri Jabar, Bayu Ginandjar Nugroho mengaku cukup puas dengan perjuangan anak asuhnya di lapangan. Meski dari sisi hasil pertandingan kecewa karena kalah atas Bali.

“Anak-anak sudah berjuang maksimal pada laga pertamanya, namun dari sisi hasil memang belum memuaskan. Tim lawan jauh lebih siap,” kata Bayu usai laga, Kamis (30/9/2021).

Dari kekalahan di laga pembuka, Bayu mengaku sudah mengantongi beberapa kekurangan dari para pemainnya. Salah satunya dari siai defence yang masih kurang baik dan rapi dilakukan Husna Aulia dkk.

“Kita sudah ada catatan untuk evaluasi di game pertama ini. Kita akan evaluasi agar bisa diminimalisir di game selanjutnya dan tampil lebih baik. Saya yakin anak-anak belum mengeluarkan performa terbaik mereka,” kata dia.

BACA JUGA: Kekuatan Parpol dan MP dari Perspektif UUD 1945

Tim bola basket putri Jabar sendiri akan kembali menjalani laga kedua di babak penyisihan pool X menghadapi Jatim pada Jumat (1/10/2021). Di pool X, Jabar bergabung dengan Bali, Jatim, dan Jateng.

Sementara tim bola basket putra Jabar, sudah mengantongi satu kemenangan atas Jateng di laga perdana mereka. Sedangkan di laga kedua babak penyisihan pool A bola basket PON XX/2021, tim bola basket putra ditantang Banten yang saat berita ini disusun pertandingan belum digelar.

(Ageng)

Artikel Lainnya

spot_img