spot_img
Jumat 29 Maret 2024
spot_img
More

    Sebagai CDM PON XX, Sekda Jabar Bergerilya Pantau Latihan Atlet

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jawa Barat sekaligus Chief de Mission (CDM) Kontingen PON XX Jabar, Setiawan Wangsaatmaja bergerilya ke tempat pelaksanaan pemusatan latihan daerah (pelatda) sejumlah cabang olahraga yang sedang melakukan persiapan akhir untuk PON XX/2021 Papua. Secara langsung, Setiawan melihat pelaksanaan latihan dan berinteraksi dengan atlet dan pelatih.

    Didampingi Kepala Dispora Jabar, Engkus Sutisna, Ketua Umum KONI Jabar, Ahmad Saefudin dan jajarang pengurus, Komandan Kontingen PON XX Jabar ini berkeliling komplek olahraga Pajajaran. Setiawan bersama rombongan mengunjungi pelaksanaan latihan beberapa cabang olahraga diantaranya tinju, taekwondo, atletik, karate, anggar, angkat berat, angkat besi, gulat, pencak silabola voli indoor, dan bola basket.

    “Kita ingin melihat langsung bagaimana persiapan atlet menjelang keberangkatan ke Papua baik itu secara logistik maupun kondisi atlet. Saat ini menjadi momen terakhir atlet berlatih sebelum mereka bertanding di PON XX,” kata Setiawan saat ditemui usai melakukan pemantauan, Senin (13/9/2021) malam.

    Mantan atlet softball nasional mengatakan, di saat-saat terakhir menjelang berlaga di PON XX, kekompakan seluruh kontingen mulai dari atlet, pelatih, manajer, dan ofisial harus tetap terjaga. Bahkan harus lebih ditingkatkan.

    “Terutama interaksi antara atlet dan pelatih harus lebih baik, karena mereka nanti yang berjuang langsung. Kekompakan di tim pun harus terus dijaga,” kata eks Ketua Umum Pengprov Perbasasi Jabar ini.

    BACA JUGA: JQR Kembali Gelar Vaksinasi Untuk Warga Kota Bandung Sebanyak 3.000 Dosis

    Setiawan pun mewanti-wanti para atlet, pelatih, manajer, ofisial, dan seluruh jajaran kontingen PON XX Jabar untuk tetap menjaga kesehatan. Termasuk menerapkan protokol kesehatan dalam kesehariannya, baik saat masih di lokasi latihan maupun saat bertanding.

    Saat ini, kata Setiawan, atlet dalam kondisi sehat dan tidak ada yang terpapar virus corona. Untuk itu, saat berada di Papua, atlet diharapkan tetap menjaga protokol kesehatan dengan ketat karena akan berinteraksi dengan banyak orang, baik masyarakat Papua maupun atlet asal provinsi lain.

    “Jangan sampai ada atlet yang gagal bertanding karena masalah kesehatan, salah satunya karena terpapar Covid-19. Pandemi ini belum selesai, karena itu tetap jaga kondisi kesehatan dan terus terapkan prokes ketat,” Setiawan mengingatkan.

    Kontingen Jabar di ajang PON XX/2021 Papua, lanjut dia, sudah menetapkan target untuk bisa mempertahankan gelar juara umum. Mengulang keberhasilan saat menjadi tuan rumah pada PON XIX tahun 2016 silam.

    “Kalau ingin jadi juara umum, setidaknya kita harus meraih antara 20 sampai 24 persen dari jumlah total medali. Kalau dijumlahkan antara 137 sampai 160 medali emas dan itu sudah dikalkulasi oleh KONI Jabar, sudah dihitung peluangnya,” kata dia.

    Cabang olahraga yang melakukan pemusatan latihan di komplek olahraga Pajajaran, kata Setiawan, merupakan cabang olahraga yang diharapkan menjadi andalan bagi kontingen Jabar mendulang medali emas di PON XX. Begitu pula dengan beberapa cabang olahraga lain yang menjalani latihan di luar komplek olahraga Pajajaran dan di luar Kota Bandung.

    “Mudah-mudahan semua berjalan lancar dan apa yang kita cita-citakan mempertahankan juara umum di Tanah Papua bisa tercapai. Pesan saya, jaga kekompakan, semangat jangan kendor untuk raih prestasi, dan yang terpenting jaga kesehatan,” kata dia.

    (Ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img