spot_img
Kamis 25 April 2024
spot_img
More

    Kapolda Jabar: ADWI 2021 untuk Kebangkitan Ekonomi

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Kapolda Jabar Irjen Pol Ahmad Dofiri mengapresiasi program Anugerah Wisata Desa Indonesia (ADWI). ADWI adalah ajang pemberian penghargaan kepada desa-desa wisata yang memiliki prestasi dengan kriteria-kriteria penilaian dari Kemenparekraf/Baparekraf.

    Event ini, kata dia, sebagai upaya menjadikan desa wisata sebagai destinasi pariwisata kelas dunia dan berdaya saing tinggi. Diharapkan event bertajuk ‘Indonesia Bagkit’ ini mampu mendorong semangat pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif di desa wisata kembali bangkit pasca-pandemi COVID-19.

    Kapolda pun mengapresiasi inovasu program Kemenparekraf yang terus mengembangkan lokasi wisata menjadi sentra ekonomi, sehingga membangkitkan pendapatan dan mengurangi pengangguran di Kota Bandung dan Provinsi Jawa Barat.

    BACA JUGA: Kapolda Jabar dan Pangdam III/Siliwangi Tinjau Persiapan Pilkada Pangandaran

    “Kami berharap kerjasama ini mampu menangani berbagai persoalan sosial ekonomi di masyarakat, seperti di bidang pariwisata. Apalagi dengan PPKM yang sudah semakin turun sehingga lokasi wisata sudah boleh dikunjungi tetapi prokes COVID-19 yang ketat,” kata Dofiri.

    Dia berharap ini mampu mendorong berkembangnya desa wisata dan berkelanjutan, serta mampu meningkatkan kualitas desa wisata di Indonesia. Sehingga bisa mewujudkan visi Indonesia sebagai Negara Tujuan Pariwisata Berkelas Dunia, Berdaya Saing, Berkelanjutan, dan Mampu Mendorong Pembangunan daerah dan Kesejahteraan,.

    Di Jabar, kata dia, masih banyak desa-desa yang berpotensi menjadi lokasi wisata dan bisa dikenalkan di Indonesia. Melalui ADWI ini, desa yang tadinya tidak terekspos bisa dikenal dan mampu membangkitkan perekonomian masyarakat desa tersebut.

    “Salah satu perbaikan ekonomi memang dari bidang pariwisata dan ekonomi kreatif yang saat ini dilakukan oleh kemenparekraf,” kata dia.

    (LIN)

    Berita Terbaru

    spot_img