spot_img
Kamis 25 April 2024
spot_img
More

    Sapa Atlet Paralympic Tokyo 2020, Ini Yang Diungkapkan Ridwan Kamil

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil bangga dan bahagia atas capaian atlet asal Jawa Barat di ajang Paralympic Tokyo 2020. Apresiasi khusus disampaikan Gubernur kepada dua atlet penyumbang medali yakni Hari Susanto dan Dheva Anrimusthi dari cabang olahraga bulutangkis.

    Hari Susanto merupakan paralimpian asal Kabupaten Majalengka yang meraih medali emas di nomor ganda campuran bersama pasangannya Leani Ratri Oktila. Pada partai final, Hari bersama Leani berhasil mengalahkan ganda campuran asal Prancis.

    Sementara Dheva Anrimusthi, meraih medali perak dari nomor tunggal putra. Dheva sendiri merupakan atlet asal Kabupaten Kuningan.

    “Teriring rasa bangga dan terharu kami atas prestasi dan kerja keras yang membawa nama bangsa untuk Indonesia, tentunya domisili asal Jawa Barat,” kata Ridwan Kamil dalam acara ‘Bincang Santai Virtual – Gubernur Jawa Barat Bareng Atlet Paralympics Tokyo 2020’, Senin (6/9/2021).

    Menurut Ridwan Kamil, capaian ini salah satu wujud dari visi Jawa Barat Juara Lahir Batin. Apalagi pada ajang Olimpiade Tokyo 2020, atlet Jawa Barat pun menyumbangkan beberapa medali dari cabang bulutangkis melalui Anthony Sinisuka Ginting dan angkat besi melalui Windy Cantika Aisah.

    “Jadi Jawa Barat juara lahir batin itu terasa karena pada olimpiade, kita (Jabar) juga mendapatkan perak dan perunggu. Sekarang satu emas dan satu perak artinya Jawa Barat menyumbang suatu keluarbiasaannya,” kata pria yang kerap disapa Kang Emil.

    BACA JUGA: Bangun Kegemaran Membaca, Perpusnas Gelar Lomba Bertutur SD/MI

    Gubernur menyampaikan rasa terima kasih kepada seluruh atlet yang berlaga di ajang Paralympic Tokyo 2020. Meskipun ada yang belum bisa menyumbangkan medali, namun apresiasi atas perjuangan membela Tanah Air sangat dihargai.

    Ridwan Kamil mengundang para atlet Jabar ke Gedung Sate untuk menerima ucapan selamat dan apresiasi secara langsung ketika tim dan offisial sudah tiba ke Tanah Air nanti.

    “Atas nama masyarakat yang bangga dan atas nama pemerintah Provinsi yang bangga juga, kami sangat terharu dan sangat bangga pada pencapaianya,” kata Ridwan Kamil.

    “Tentunya nanti kita akan berikan apresiasi-apresiasi kita sampaikan nanti secara khusus di waktu yang baik,” Kang Emil menambahkan.

    Di ajang Paralympic Tokyo 2020, total Indonesia mengirimkan 23 atlet yang lima di antaranya berasal dari Jawa Barat. Kelima atlet itu adalah Ukun Rukaendi, Hari Susanto, Dheva Anrimusthi yang ketiganya dari cabor bulutangkis, lalu Muhammad Fadli Imammudin cabor sepeda, dan Jaenal Aripin cabor balap kursi roda.

    “Jumlah kontingen Indonesia ada 23 orang dan atlet Jawa Barat ada 5 orang,” kata Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Jawa Barat, Engkus Sutisna.

    (Ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img