spot_img
Jumat 29 Maret 2024
spot_img
More

    Gelar KKN di Desa Cilangkap, Mahasiswa UNS Edukasi Optimalisasi Potensi Desa

    TASIKMALAYA,FOKUSJabar.id: Mahasiswa KKN Universitas 11 Maret (UNS) menggelar sejumlah kegiatan edukasi sebagai upaya mengoptimalkan potensi Desa di Desa Cilangkap, Kecamatan Manonjaya, Kabupaten Tasikmalaya.

    Mengambil tema ‘UNS Membangun Desa’, terdapat tiga program utama dari pelaksanaan KKN tersebut. Yakni pelatihan Budidaya Ikan dalam Ember (Budikdamber), Sosialisasi PHBS, serta Publikasi Video Company.

    Selain tiga program utama, terdapat tujuh kegiatan penunjang. Seperti Edukasi dan Pembagian Prokes Kit, Bedah Kampung, Pelatihan Pembuatan Selai Buah Naga, Pelatihan Pembuatan Eco enzyme, Psikoedukasi, Sosialisasi Pemanfaatan Marketplace (shopee), dan Edukasi terkait Visual Graphic Recording.

    fokusjabar.id KKN UNS Cilangkap
    Salah satu kegiatan KKN mahasiswa UNS di Desa Cilangkap, Kecamatan Manonjaya, Kabupaten Tasikmalaya. (FOTO: Riza M Irfansyah)

    Perwakilan siswa KKN UNS, Putri mengatakan, dalam optimalisasi potensi diupayakan dapat tersampaikan secara menyeluruh.

    “Titik lokasi di Desa Cilangkap, karena sasaran kami untuk semua program yaitu masyarakat Desa Cilangkap. Jadi setiap program yang dijalankan, diusahakan setiap perwakilan orang dari dusun di desa ini mengetahui program tersebut, minimal mengenai materinya,” kata Putri, Kamis (2/9/2021).

    BACA JUGA: Besok (3/9), 5 Gerbang Tol Masuk Kota Bandung Terapkan Ganjil Genap

    Mahasiswa yang terjun langsung melakukan program KKN ini sebanyak 10 orang. Dengan spesifikasi akademi dari jurusan yang berbeda. Seperti jurusan lmu Hukum, Pendidikan Sosiologi, Antropologi, Psikologi, Agribisnis, Bimbingan dan Konseling, Pendidikan Seni Rupa, Akuntansi, Desain Interior dan Arsitektur.

    Salah satu kegiatan KKN mahasiswa UNS di Desa Cilangkap, Kecamatan Manonjaya, Kabupaten Tasikmalaya. (FOTO: Riza M Irfansyah)

    Setiap mahasiswa mengaplikasikan dasar keilmuannya masing-masing untuk diaplikasikan di tengah masyarakat.

    “Tentunya kami berharap adanya berbagai program kerja KKN dari tim 101 KKN UNS ini dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat Desa Cilangkap,” kata Putri.

    Desa Cilangkap memiliki sejumlah potensi dari UMKM dan sektor Agri Wisata. Seperti produk UMKM Bedog/Golok di wilayah dusun Galonggong dan potensi Kebun Buah Naga di Dusun Cicae Desa Cilangkap.

    (Riza M Irfansyah/Ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img