spot_img
Senin 26 Februari 2024
spot_img
More

    Lionel Messi Cerai Dengan Barcelona, Ini Alasannya

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Lionel Messi akhirnya memutuskan hengkang dari klub yang telah membesarkannya, FC Barcelona. Pengumuman resmi keduanya ‘cerai’, disampaikan Blaugrana melalui laman resmi mereka pada Jumat (6/8/2021) dini hari WIB.

    Pemain yang kini berusia 34 tahun itu memulai karirnya di klub yang berbasis di kampung halamannya, Rosario, Argentina yakni Newell’s Old Boys. Didiagnosa menderita kekurangan hormon pertumbuhan di usia 11 tahun, talenta pemain bernama lengkap Lionel Andres Messi justru dilirik Direktur Olahraga FC Barcelona, Carles Rexach sekaligus menawarkan biaya pengobatan sekitar 900 US Dollar per bulan jika mau pindah ke Spanyol.

    Akhirnya, di tahun 2000, Messi kecil memulai karir sepakbolanya di akademi Barcelona, La Massia. Tak membutuhkan waktu lama, saat berusia 17 tahun 114 haru, Messi memulai debutnya di LaLiga bersama Barcelona yang saat itu dilatih Frank Rijkaard dalam laga kontra RCD Espanyol pada 16 Oktober 2004 sekaligus menjadi pemain termuda ketiga yang bermain untuk Barcelona dan pemain klub termuda di LaLiga saat itu.

    BACA JUGA: Dijajal Tuan Rumah PON XX, Atlet Tinju Jabar Alami Peningkatan

    fokusjabar.id lionel messi barcelona
    (FOTO: WEB)

    “Saya tak akan pernah melupakan fakta bahwa dia yang memulai karier saya, yang memberi saya kepercayaan diri saat usia saya baru 16 dan 17 tahun,” kata Messi mengenai mantan pelatihnya, Frank Rijkaard, saat itu.

    Lionel Messi pun menjadi pilihan utama para pelatih yang menangani Blaugrana. Selama dua dekade mengenakan jersey Blaugrana, La Pulga sudah kenyang akan gelar.

    Tak hanya gelar bersama FC Barcelona, tapi juga berbagai gelar pribadi berhasil dia sabet. Di level senior, Lionel Messi telah mencetak 672 gol sekaligus mencatatkan diri sebagai top skor Los Cules dan LaLiga sepanjang masa serta mempersembahkan 35 trofi bagi Barcelona.

    Gelar yang dipersembahkan bagi Barcelona diantaranya 10 titel LaLiga, tujuh gelar Copa del Rey, empat trofi Liga Champions, tiga titel Piala Super UEFA, dan tiga kali gelar Piala Dunia Antarklub FIFA. Sedangkan gelar pribadi yang disabetnya saat berbaju Barcelona diantaranya enam gelar Ballon d’Or, delapan kali meraih trofi Pichichi (pencetak gol terbanyak Laliga), hingga tujuh kali meraih Trofeo Alfredo Di Stefano (pemain terbaik di Spanyol).

    fokusjabar.id lionel messi barcelona
    (FOTO: WEB)

    Alasan Pindah
    Kemesraan Lionel Messi dengan Barcelona sudah mulai renggang saat musim 2020/2021 hingga pemilihan Presiden Barcelona. Saat Joan Laporta terpilih sebagai Presiden klub, Messi mengaku akan tetap berada di Camp Nou.

    fokusjabar.id lionel messi barcelona
    (FOTO: WEB)

    Namun hal tersebut tidaklah terbukti dan kebersamaan Lionel Messi dengan Barcelona pun berakhir pada Jumat (6/8/2021) dini hari WIB. Kepergian La Pulga pun mengejutkan berbagai pihak dan memunculkan berbagai rumor terkait alasan hengkangnya striket timnas Argentina tersebut.

    1. Gaji
    Dikutip bolasport.com dari laman resmi Barcelona, kepergian Lionel Messi dijelaskan langsung Presiden Joan Laporta. Dia mengaku, kedua belah pihak sebenarnya telah mencapai kata sepakat untuk menandatangani kontrak baru.

    “FC Barcelona dan Lionel Messi telah mencapai kesepakatan untuk menandatangani kontrak baru hari ini, tapi tidak dapat terjadi karena kendala finansial dan struktural (peraturan Liga Spanyol),” bunyi pernyataan resmi Barcelona soal Messi.

    fokusjabar.id lionel messi barcelona
    (FOTO: WEB)

    “Akibat situasi ini, Messi tidak akan bertahan di FC Barcelona. Kedua belah pihak sangat menyayangkan keinginan pemain dan klub yang pada akhirnya tidak akan terpenuhi. FC Barcelona dengan sepenuh hati mengucapkan terima kasih kepada pemain atas kontribusinya untuk kemajuan klub dan mendoakan yang terbaik untuk masa depan dalam kehidupan pribadi dan profesionalnya,” akhir pernyataan yang dikeluarkan setelah presiden Joan Laporta dan wakil presidennya, Rafa Yuste bertemu dengan ayah dan agen Messi, Jorge.

    Seperti diketahui, jelang dimulainya musim 2021/2022, Barcelona dilaporkan memiliki utang sebesar 1,2 miliar euro atau setara dengan Rp20,4 triliun. Utang yang besar ditambah dengan jumlah gaji pemain yang melebihi batas dari La Liga membuat Barcelona kesulitan mendaftarkan pemain baru, termasuk Messi yang kontraknya habis pada Juni 2021.

    Meski disebut menandatangani kontrak baru selama 5 tahun pada Juli lalu, peresmian Messi sebagai pemain Barcelona tidak kunjung dilakukan pihak klub. Lionel Messi pun memilih pergi dari Barcelona dan mencari klub baru dengan berstatus bebas transfer (free transfer).

    2. Cristian Romero
    Alasan lain yang membuat Lionel Messi tidak memperpanjang kontraknya bersama Barcelona, disebut-sebut karena Cristian Romero. Bek berusia 23 tahun ini merupakan rekan Lionel Messi di timnas Argentina yang saat ini membela klub Serie A, Atalanta.

    fokusjabar.id lionel messi barcelona
    (FOTO: WEB)

    Memboyong Cristian Romero ke Camp Nou, disebut-sebut, menjadi salah satu klausul dalam kontrak perpanjangan Lionel Messi dengan Barcelona seperti dikutip okezone.com dari Marca. La Pulga menyebut, perekrutan bek berusia 23 tahun itu akan menjadi langkah kunci memperkuat skuad Blaugrana untuk mengarungi musim 2021/2022.

    Namun, pihak Barcelona justru mengabaikan keinginan Lionel Messi sehingga kondisi tersebut membuat Lionel Messi makin menjauh dari Barcelona. Saat ini, Cristian Romero pun dikabarkan akan segera bergabung dengan klub Liga Inggris, Tottenham Hotspur.

    3. Cristiano Ronaldo
    Nama Cristian Ronaldo sepertinya tidak akan pernah lepas dari Lionel Messi. Tidak hanya saat keduanya menjadi rival di lapangan saat bertemu di kompetisi LaLiga maupun Liga Champions, tapi juga saat di luar lapangan.

    Dilansir detik.com dari Gazzetta dello Sport, Cristiano Ronaldo sempat menantang Lionel Messi untuk keluar dari zona nyaman. Penyerang timnas Portugal itu pun berani pindah dari Real Madrid ke Juventus pada 2018.

    fokusjabar.id lionel messi barcelona
    (FOTO: WEB)

    “Bagiku, hidup itu tantangan. Aku menyukainya dan aku ingin membuat banyak orang gembira. Aku ingin dia (Messi) datang ke Italia pada suatu hari nanti. Seperti aku menerima tantangannya,” kata Ronaldo saat itu.

    Meski demikian, CR7 tetap menghormati keputusan Messi yang tidak mengikuti jejaknya hengkang dari Barcelona dan LaLiga pada saat itu.

    “Kalau toh dia memang bahagia di sana, aku menghormatinya. Messi adalah seorang pemain yang sangat hebat, seseorang yang baik, tapi aku tidak merindukan apapun di Spanyol. Ini adalah hidupku yang baru dan aku bahagia,” kata Ronaldo.

    Akhirnya, terlepas dari tantangan CR7, kini Messi meninggalkan Barcelona dengan status sebagai legenda klub. Dan berani menerima tantangan Cristiano Ronaldo.

    (Ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img