spot_img
Selasa 23 April 2024
spot_img
More

    Hebat! Sampai Saat ini Belum Ditemukan Kasus Corona di Desa Badui

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Penyebaran virus Corona semakin menggila belakangan ini. Namun, ada satu desa yang tak satu pun penduduknya terpapar, yakni desa Badui di Lebak, Banten.

    Hingga kini desa Badui kasus corona masih nihil atau nol persen, padahal Kabupaten Lebak, Banten masuk zona merah penyebaran Covid-19.

    Alasan utamanya ialah karena masyarakat desa Badui sangat disiplin untuk mematuhi imbauan tetua adat dengan tidak banyak berkegiatan ke luar daerah. Selain itu, warga Badui tetap bekerja di ladang, hingga tidak ada kontak erat dengan orang luar.

    “Kami mengetahuinya setelah dilakukan tes usap antigen kepada beberapa warga Badui belum lama ini,” kata Kepala Puskesmas Cisimeut Kabupaten Lebak dr Maytri Nurmaningsih di Lebak, Rabu (30/6/2021).

    BACA JUGA: PPNI: 1.000 Lebih Perawat Positif Covid, 29 Meninggal

    Petugas medis Puskesmas Cisimeut mengapresiasi tetua adat masyarakat Badui yang juga Kepala Desa Kanekes, Jaro Saija.

    Puskesmas Cisimeut membawahi pelayanan di enam desa, namun yang paling disiplin serta mematuhi protokol kesehatan dan program vaksinasi aparatur desa ialah Jaro Saija.

    Aparatur di lima desa lainnya hingga kini belum ada yang divaksinasi.

    Jaro Saija mengatakan jumlah warganya itu tercatat 11.800 jiwa tersebar di 68 kampung. Hingga kini tidak ditemukan penyebaran Covid-19.

    “Semua warga Badui sudah dilakukan pencegahan penularan virus Corona dengan minum obat tradisional dari cikur dan jahe merah,” ungkap Jaro.

    Dia juga mengatakan, Masyarakat Badui patuh pada peraturan, saat merebaknya kasus penularan mereka tidak ada yang keluar daerah seperti ke Jakarta, Tangerang dan Bogor demi mencegah penularan. Begitu juga warganya jika keluar darah diminta untuk pulang dan sebelum masuk kampung harus periksa kesehatan di Puskesmas setempat.

    (Agung)

     

     

    Berita Terbaru

    spot_img