spot_img
Rabu 30 November 2022
spot_img
More

    Ini 10 Nama Malaikat Beserta Tugasnya

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Sebagai umat Muslim tentunya kita mempercayai Malaikat karena termasuk dalam rukun iman, tepatnya pada rukun iman kedua. Dalam Islam, malaikat tidak hanya satu. Lalu apa saja nama malaikat dan tugasnya?

    Nama Malaikat dan Tugasnya

    Ada 10 nama malaikat yang wajib diyakini dan diimani oleh seorang Muslim, berikut adalah nama kesepuluh malaikat dan tugasnya:

    BACA JUGA: Viral! Pria Ini Ngaku Sebagai Malaikat Munkar

    1. Malaikat Jibril – Menyampaikan Wahyu

    Tugas malaikat Jibril adalah menyampaikan perintah Allah yang berupa wahyu kepada utusan-utusanya yakni para Rasul untuk kemudian disampaikan kepada para pengikutnya. Selain menyampaikan wahyu Allah malaikat Jibril juga bertugas untuk meniupkan ruh kepada setiap janin yang masih ada di dalam kandungan.

    2. Malaikat Mikail – Memberikan Rizki kepada Makhluk Allah

    Tugas malaikat Mikail adalah untuk membagikan rezeki kepada seluruh makhluk Allah yang tinggal di muka bumi, rezeki yang dimaksudkan tidak hanya berupa materi bagi manusia namun juga berupa hujan, angin dan tanaman.

    3. Malaikat Israfil – Meniup Sangkakala

    Malaikat Israfil diberikan tugas oleh Allah untuk meniupkan sangkakala atau terompet saat hari kiamat tiba. Menurut Al-Quran malaikat Israfil akan meniupkan sangkakala sebanyak dua kali, kali pertama adalah untuk membuat semua makhluk hidup di muka bumi mati dan tiupan yang kedua untuk membangunkan pada saat hari kebangkitan.

    4. Malaikat Izrail – Mencabut Nyawa

    Malaikat Izrail mendapatkan perintah dari Allah untuk mencabut nyawa setiap makhluk yang ada di muka bumi atas perintah Allah, perlu anda ketahui bahwa tidak ada satupun makhluk hidup yang dapat menghindar dari takdir kematian yang sudah dituliskan oleh Allah.

    5. Malaikat Munkar – Menanyakan Amal Buruk di Alam Kubur

    Malaikat Munkar bertugas untuk menanyakan kepada makhluk hidup saat di alam kubur seputar keburukan yang sudah dilakukan semasa hidupnya.

    6. Malaikat Nankir – Menanyakan Amal Baik di Alam Kubur

    Malaikat Nankir diceritakan akan datang bersamaan dengan malaikat Munkar, perbedaanya malaikat Nankir hanya akan menanyakan tentang hal baik, malaikat ini diceritakan akan menuntun kita ke surge saat kita bisa mempertanggunjawabkan segala amalan baik kita selama hidup.

    7. Malaikat Raqib – Mencatat Amal Buruk Manusia Semasa ia Hidup

    Setiap amalan baik yang dilakukan oleh anak cucu Adam semasa hidup akan dicatat untuk dipertanggungjawabkan pada hari perhitungan kelak, mencatat amal buruk merupakan tugas malaikat Raqib.

    8. Malaikat Malik – Menjaga Pintu Neraka

    Malaikat Malik diperintahkan oleh Allah untuk menjaga pintu neraka seperti yang sudah dijelaskan dalam surat At-Thamrin ayat 6.Malaikat Ridwan – Menjaga Pintu Surga

    9. Malaikat Atid – Mencatat Amal Baik Manusia Semasa Ia Hidup

    Malaikat Atid memiliki tugas yang hampir sama dengan malaikat Raqib, namun hanya amalan baik yang ia catat. Menurut beberapa hadits disebutkan bahwa malaikat Raqib dan Atid ada pada tiap pundak makhluk hidup.

    10. Malaikat Ridwan – Menjaga Pintu Surga

    Malaikat Ridwan adalah malaikat terakhir yang ditugaskan oleh Allah untuk menjaga pintu surga.

    (Nendy/Agung)

    Berita Terbaru

    spot_img