spot_img
Kamis 29 Februari 2024
spot_img
More

    5 Cara Berhenti Merokok yang Terbukti Efektif

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Merokok menjadi kebiasaan tidak sehat yang sayangnya masih banyak dilakukan hingga kini. Berhenti sendiri merupakan cara terbaik untuk memperbaiki kualitas hidup.

    Merokok tidak hanya memberikan dampak pada perokoknya saja, tetapi juga orang sekitar yang hanya menghirup.

    Berikut beberapa cara berhenti merokok yang bisa anda praktekkan.

    1. Tulisan Alasan Mengapa Harus Berhenti Merokok

    Bagi beberapa orang, memutuskan untuk berhenti merupakan keputusan yang besar juga berat bagi hidup. Hal ini dikarenakan rokok sulit dihilangkan dan menjadi candu.

    Untuk membantu anda berhenti, anda perlu menuliskan semua alasan mengapa harus berhenti kebiasaan tersebut. Alasan ini nantinya akan menjadi penyemangat ketika anda mulai tidak semangat.

    2. Kuatkan Tekat dan Niat

    Setelah anda menuliskan semua alasan untuk berhenti, maka anda juga harus meneguhkan tekat juga niat. Jangan hanya menjadi rencana yang kenyataannya tak juga segera di eksekusi. Atau ketika sudah berjalan beberapa bulan anda kembali lagi untuk merokok. Ketika nantinya anda berhenti, maka harus berjalan dalam jangka waktu yang panjang.

    BACA JUGA: Sering Disepelekan, 4 Penyebab Sakit Mata yang Patut Diwaspadai

    Bukan hanya satu atau dua hari saja berhenti. Cara berhenti merokok ini juga berkaitan dengan kapan tepatnya anda akan mulai berhenti. Sebaiknya anda memilih waktu yang tak terlalu jauh dengan niatan untuk menghentikannya. Karena nantinya anda bisa berubah pikiran kembali dan tergoda untuk meneruskan kebiasaan buruk ini.

    3. Menyibukkan Diri Dengan Kegiatan Lainnya

    Keberhasilan anda untuk lepas dari rokok dinilai 2 minggu pertama. Jika anda sudah bisa melewati 2 minggu pertama, maka bisa dikatakan jika peluang keberhasilan ke depannya semakin lebar.

    Untuk menunjang agar berhasil, anda bisa menyibukkan diri untuk mengurangi kebiasaan tersebut. Jika anda sibuk, umumnya akan lupa dan tak sempat merokok.

    Anda bisa mulai berolahraga, mengikuti kegiatan sosial dan kegiatan menyenangkan lainnya. Pastikan anda menikmati setiap kegiatan tersebut sehingga keinginan untuk menghisap candu bisa pelan pelan berkurang.

    Cara berhenti tersebut cukup efektif, karena ketika sendiri atau berada di ruang kosong keinginan untuk merokok akan muncul kembali.

    4. Antisipasi Waktu Rawan Merokok

    Terbukti Efektif, Berikut Cara Berhenti Merokok yang Harus Dicoba

    Perlu anda tahu jika menghisap candu tidak hanya kecanduan secara fisik, melainkan juga kecanduan secara psikologis. Maka dari itu, anda pasti tahu jika ada waktu-waktu tertentu dimana anda ingin merokok.

    Tugas anda jika ingin berhenti, harus mengantisipasi waktu waktu tersebut agar anda tidak kembali mencobanya. 

    Ada beberapa waktu yang memicu seseorang ingin merokok, seperti saat minum kopi, ketika selesai makan, ketika berkumpul dengan teman atau ketika berada dalam tekanan. Anda bisa mengatasi pemicunya dengan tidak memberikan kesempatan untuk kembali menghisapnya. Sibukkan diri anda atau mencoba untuk mengganti jadwal minum kopi.

    5. Menghindari Berkumpul Dengan Perokok

    Banyak orang yang awalnya tidak menghisap candu, tapi kemudian ikut-ikutan karena pengaruh pertemanan. Untuk itu, ketika anda memang berniat untuk berhenti, pastikan anda tak kembali berkumpul bersama perokok.

    Anda bisa menolak secara halus ketika ditawari dan teman anda akan memahami.

    Itulah beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk bisa lepas dari kecanduan rokok. Ketika anda efek berhenti merokok, anda tentu harus sudah menyiapkannya. Begitu juga ketika stres mulai muncul, anda bisa mengalihkannya dengan kegiatan menyenangkan atau positif lainnya. Hasilnya juga akan lebih baik ketika anda juga mulai mengubah pola hidup anda.

    (Antik Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img