spot_img
Rabu 17 April 2024
spot_img
More

    Sering Disepelekan, 4 Penyebab Sakit Mata yang Patut Diwaspadai

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Mata merupakan salah satu panca indera yang memiliki peranan penting di dalam tubuh. Oleh karena itu, apabila mata sakit tentunya hal tersebut dapat menghambat penglihatan dan berbagai aktivitas yang akan anda lakukan.

    Ada beberapa penyebab sakit mata yang perlu anda tahu sebelum mencari tahu cara penyembuhannya. Selengkapnya simak ulasan berikut ini.

    Hal yang Bisa Menyebabkan Sakit Pada Mata

    1. Alergi

    Alergi adalah salah satu penyebab mata menjadi sakit. Biasanya, ketika seseorang menderita alergi, maka hal tersebut merupakan salah satu reaksi tubuh yang disebabkan kelebihan zat zat yang bisa menyebabkan alergi. Untuk itu, anda pun perlu mewaspadai hal ini dan tidak boleh menyepelekan begitu saja.

    BACA JUGA: 7 Manfaat Kunyit Putih untuk Kesehatan dan Kecantikan

    Ada beberapa alergi pada mata yang disebabkan oleh makanan, debu, asap hingga kesalahan dalam menggunakan produk pemutih wajah. Oleh karenanya, jika anda merasa mata tiba tiba sakit pada kondisi tertentu seperti setelah mengonsumsi suatu makanan, maka tak ada salahnya anda melakukan cek alergi. Bisa jadi anda tidak cocok untuk mengonsumsi makanan tersebut.

    2. Iritasi Pada Mata

    Penyebab sakit mata yang lain adalah terjadinya iritasi. Kondisi satu ini juga disebabkan oleh beberapa faktor antara lain seperti terpapar zat kimia, asap rokok, debu, alergi, infeksi dan juga lain sebagainya. Ketika seseorang mengalami hal ini, umumnya akan timbul beberapa gejala seperti mata terasa nyeri, berwarna merah, gatal gatal bahkan hingga berair.

    Apabila anda mengalami hal tersebut, tak ada salahnya untuk meneteskan obat mata. Namun, apabila kondisi terus berlanjut dan tidak menunjukkan adanya perbaikan, maka sebaiknya anda mengunjungi dokter terdekat untuk memeriksakannya dan mendapatkan perawatan sesuai dengan kondisi yang dialami.

    3. Mata Mengalami Peradangan

    Sering Disepelekan, Kenali 4 Penyebab Sakit Mata Yang Patut Diwaspadai

    Kondisi dan penyebab sakit mata lainnya yang perlu anda waspadai adalah peradangan. Hal ini dapat terjadi lantaran pada salah satu mata atau bahkan keduanya mengalami peradangan. Umumnya hal tersebut akan terjadi pada beberapa bagian dari mata seperti kornea, kelopak mata hingga bagian putih yang ada di dalam mata.

    Ketika anda menderita peradangan pada mata ini, tentunya akan mampu menyebabkan penyakit yang lainnya. Sebut saja seperti keratitis, episkleritis, skleritis, dan juga konjungtivitis. Untuk gejalanya sendiri, biasanya akan ditandai dengan rasa nyeri dan bengkak pada area mata, berair, gatal dan pandangan pun menjadi buram.

    4. Cedera

    Cedera juga merupakan salah satu kondisi yang bisa menjadi penyebab sakit mata. Umumnya, kondisi ini dapat terjadi karena luka bakar terkena bahan kimia, terkena sabun, kemasukan benda asing hingga paparan sinar matahari. Sedangkan untuk jenisnya sendiri, ada cedera mata ringan, berat bahkan hingga bisa menyebabkan kebutaan.

    Jika anda mengalami cedera mata yang ringan, maka hal ini dapat ditandai dengan mata yang terasa nyeri, berwarna merah dan juga berair. Sedangkan untuk cedera mata yang berat akan mampu menimbulkan terjadinya pendarahan pada kornea mata atau yang sering disebut dengan hifema, bahkan jua bisa menyebabkan robeknya lensa mata. Untuk itu, jika anda mengalami kondisi ini segera mengunjungi dokter terdekat.

    Beberapa hal yang menyebabkan mata menjadi sakit tersebut memang tidak bisa disepelekan begitu saja. sebab, apabila anda membiarkannya maka hal tersebut akan bisa menimbulkan efek yang lebih parah. Oleh karena itu, apabila anda mendapati atau menemui gejala gejala dari sakit mata, tak ada salahnya untuk segera ke dokter mata agar cepat mendapatkan perawatan dan juga pengobatan.

    (Antik Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img