spot_img
Sabtu 20 April 2024
spot_img
More

    West Java Leadership Kembali Digelar Mengasah Kepemipinan Pemuda

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Gerakan Pramuka Jabar berkomitmen terus meningkatkan pengetahuan pemuda mengikuti perkembangan jaman yang terus maju saat ini.

    Peningkatan pengetahuan ini juga untuk meningkatkan kesadaran pemuda terhadap kepemimpinan karena pemuda dilahirkan untuk pemimpin masa depan.

    Dewan Kerja Daerah Jabar bersama Pusat Pendidikan Dan Latihan Daerah Jabar  (PUSDIKLATDA) akan melaksanakan kegiatan Latihan Pengembangan kepemimpinan (LPK) atau West Java Leadership Development 2021.

    BACA JUGA: PWI Ciamis Bersama Pramuka Kwarcab Ciamis Bagikan Nasi Kotak

    Ketua Pelaksana LPK Alfarabi Ibnu Nukliri mengatakan, Kegiatan tersebut merupakan pendidikan dan pelatihan bagi pramuka penegak dan pandega se-Jabar untuk membentuk dan mengembangkan kemampuan memimpin yang berkualitas, sehingga dapat diaplikasikan dalam berorganisasi dan di kehidupan sehari-hari.

    Selain itu Tujuan kegiatan (LPK) atau West Java Leadership Development 2021 ini juga untuk menambah wawasan dan pengetahuan tentang Pengelolaan Kepemimpinan.

    “Kemudian juga meningkatkan persaudaraan dan kerjasama di kalangan anggota pramuka penegak dan pandega khususnya Dewan Kerja dan menciptakan generasi muda yang siap dengan tantangan zaman melalui kaderisasi yang kokoh dalam pengembangan kepemimpinan di masa mendatang,” kata dia dari rilis yang diterima Senin (21/6/2021).

    Menurutnya kegiatan yang memiliki slogan “solidaritas, integritas, kualitas, adaptif, dan totalitas” ini bertema “Leadership Development in Digitality Era to Sociality Era”, akan dilaksanakan secara daring selama lima hari dengan peserta perwakilan per kwartir cabang tiga pramuka penegak dan pandega se jawa barat, menarik nya kegiatan ini sama sekali tidak di pungut biaya. Dan juga akan diisi oleh para pemateri yang berkompeten di bidang nya, salah satu pemateri yang terlibat adalah Ketua Majlis Pembimbing Daerah Jaabar, Ridwal Kamil dan Ketua Kwarda Jabar Atalia Praratya, serta memberikan materi di kegiatan Latihan Pengembangan kepemimpinan (LPK) atau West Java Leadership Development. Kegiatan ini akan dilaksanakan dari tanggal 22 – 24 Juni 2021.

    “Kegiatan ini merupakan realisasi dari program kerja Dewan Kerja Daerah Jawa Barat setelah disahkan pada Sidang Paripurna tahun 2020. Tantangan bagi kami adalah harus menciptakan sebuah suasana pelatihan kepempimpinan yang kondusif tetapi melalui media virtual karena terkendala oleh keadaan pandemic saat ini. Meskipun demikian, kami berupaya semaksimal mungkin untuk mengashilkan lulusan kegiatan yang berkualitas untuk calon pemimpin di masa yang akan datang,” kata dia

     Dia menambahkan,  West Java leadership Development mengusung materi kegiatan tentang pengembangan wawasan, pengembangan diri, penguatan karakter, keterampilan kepemimpinan, serta pengetahuan dan keterampilan kepramukaan. Agar kegiatan ini berjalan dengan efektif, maka akan berlaku metode kegiatan berupa Focus Group Discussion (FGD), simulation and demonstration, practice, pre test & RTL, question & answer.

    (Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img