spot_img
Jumat 26 April 2024
spot_img
More

    5 Cara Mencegah Stroke yang Wajib Diterapkan Sehari-hari

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Hingga saat ini, stroke masih menjadi salah satu penyebab kematian tertinggi di Indonesia. Bahkan setiap tahunnya jumlah orang yang meninggal akibat penyakit ini terus bertambah.

    Hal ini menunjukkan bahwa masyarakat harus meningkatkan kewaspadaan terhadap kondisi tersebut. Berikut cara mencegah penyakit ini yang wajib anda terapkan dalam keseharian.

    Tips Terhindar dari Stroke

    1. Periksa Apakah Ada Penyakit Jantung

    Memiliki riwayat penyakit jantung memperbesar kemungkinan seseorang mengalami stroke. Seperti terjadinya gangguan pembuluh darah hingga aterosklerosis. Hal ini terjadi karena di dalam pembuluh darah terjadi penumpukan plak, sehingga sebagian atau seluruh pembuluh darah tersumbat sehingga pasokan darah ke otak pun berkurang dan terciptalah kondisi penyakit ini.

    BACA JUGA: 7 Manfaat Kunyit Putih untuk Kesehatan dan Kecantikan

    Oleh karena itu, pemeriksaan terkait apakah memiliki penyakit jantung atau tidak. Beberapa keluhan yang dapat mengindikasikan penyakit jantung yaitu dada terasa berdebar debar, mudah lelah ketika beraktivitas, irama jantung tidak beraturan, dan merasa nyeri pada bagian dada kiri. Bahkan meski tidak merasakan gejala ini, sebaiknya anda memeriksakan diri untuk pencegahan.

    2. Cek Tekanan Darah Rutin

    Cara mencegah selanjutnya yaitu dengan melakukan pengecekan tekanan darah secara rutin. Sebab tekanan darah tinggi atau hipertensi merupakan penyebab utama dari terjadinya stroke. Semakin tinggi tekanan darah seseorang, maka risiko mengalami stroke juga akan semakin besar.

    Jadi, sebaiknya lakukan cek tekanan darah dengan rutin untuk mencegah hipertensi. Apabila diketahui tekanan darah selalu berada di atas 140/90 mmHg, maka segera konsultasi ke dokter. Biasanya dokter bisa menganjurkan pengaturan pola makan dan olahraga, atau bahkan menyarankan terapi obat antihipertensi. Kontrol dokter akan membantu menurunkan hingga 35-44%.

    3. Berhenti Merokok

    Rokok sudah lama diketahui memiliki banyak dampak negatif terhadap kesehatan. Namun orang yang sudah terlanjur merokok biasanya cukup sulit untuk tiba tiba berhenti. Kendati demikian, anda sebaiknya memasang tekad yang kuat untuk berhenti merokok. Pasalnya kegiatan satu ini juga bisa berpengaruh terhadap risiko terkena stroke.

    Dimana melalui asap rokok ini, sejumlah bahan kimia berbeda diserap ke dalam tubuh. Hal tersebut menyebabkan terjadinya perubahan di dalam pembuluh darah pada otak. Ini tentu sangat berbahaya baik untuk jangka pendek maupun panjang. Sehingga cara mencegah stroke bisa dilakukan mulai dengan berhenti merokok.

    4. Turunkan Kolesterol

    Kolesterol yang tinggi dan menumpuk secara perlahan dapat menyumbat pembuluh darah, yang mengalir ke jantung. Alhasil, suplai darah maupun oksigen yang berkurang ini bisa memicu serangan jantung. Pun dengan suplai darah dan oksigen ke otak yang terganggu juga dapat mengakibatkan stroke terjadi.

    Jadi, pastikan anda mengontrol kadar kolesterol tubuh agar tidak terlalu tinggi. Caranya yaitu bisa dengan mengatur pola makan sehari hari. Perbanyak mengonsumsi sayur dan buah agar tubuh tetap stabil, lalu lakukan pula diet rendah lemak bila perlu. Selain itu, banyak pakar yang menganjurkan untuk olahraga teratur agar mengurangi kadar kolesterol.

    5. Kontrol Diabetes

    5 Cara Mencegah Stroke yang Wajib Diterapkan dalam Kehidupan Sehari Hari

    Selain mengendalikan kolesterol dalam tubuh, cara mencegah stroke lainnya yaitu dengan mengendalikan diabetes. Sebab diabetes yang tidak terkontrol dengan baik ini akan memicu terjadinya stroke. Dimana kadar gula yang terlalu tinggi akan menyebabkan terbentuknya deposit lemak dan sumbatan pada pembuluh darah. Dan jika dibiarkan maka bisa terjadi kapan saja.

    Pengendalian diabetes sendiri dapat dilakukan dengan olahraga, diet rendah karbohidrat, bahkan jika perlu mengonsumsi antidiabetik. Konsumsi atidiabetik sebaiknya dilakukan ketika anda sudah berkonsultasi ke dokter. Oleh karena itu, alangkah lebih baik jika anda secara rutin memeriksa kadar gula darah.

    Faktor risiko penyakit ini memang bisa begitu luas, bahkan ada pula yang tidak bisa diubah seperti usia dan jenis kelamin. Namun, ini bukan berarti bahwa stroke tidak dapat dicegah. Beberapa cara di atas bisa anda terapkan dalam kehidupan sehari hari untuk memperkecil risiko stroke. Tentunya diperlukan niat serta tekad yang bulat untuk dapat mencegah penyakit satu ini.

    (Antik Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img