spot_img
Senin 24 Juni 2024
spot_img
More

    Jangan Sepelekan, Berikut 3 Jenis Kanker yang Kerap Kali Menyerang Wanita

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Menjadi seorang wanita tentunya tidak mudah. Mulai dari mengalami menstruasi setiap bulan hingga masa mengandung dan melahirkan.

    Tidak hanya itu saja, sebab terdapat beberapa jenis kanker yang kerap kali menyerang kaum hawa. Simak ulasannya berikut ini.

    Jenis Kanker yang Sering Diderita Wanita

    1. Kanker Serviks

    Jenis kanker satu ini kerap kali diidap oleh wanita. Bahkan si-penderita yang ada di Indonesia terbanyak kedua di dunia. Menurut survey yang telah dilakukan, setidaknya terdapat sekitar 21 ribu kasus penderita kanker serviks yang ditemukan setiap tahunnya. Tentunya jumlah angka ini pun terbilang sangat tinggi dan cukup mwngkhawatirkan.

    BACA JUGA: Yuk Kenali 5 Penyebab Migrain Penghambat Aktivitas

    Tingginya kasus penyakit ini yang ditemukan di Indonesia antara lain karena kurangnya pemeriksaan diri pada wanita. Biasanya jika gejala yang dialami sudah menunjukkan dalam tahap yang parah, maka barulah mereka memeriksakan ke dokter dan telah divonis mengidapnya dengan stadium yang tinggi.

    Oleh karena itu, diperlukan pemeriksaan dan tindakan sejak awal gejala agar penderita dapat mengetahuinya sejak dini. Di antaranya adalah dengan rutin untuk melakukan tes pap smear. Dengan melakukan pemeriksaan ini, akan mampu untuk mendeteksi sel dalam leher rahim.

    Ada baiknya anda mengambil tes pas smear ini dalam kurun waktu setiap tiga tahun sekali. Terutama jika anda masih berusia 21 hingga 30 tahun.

    Tak hanya itu saja, anda juga perlu melakukan tindakan pencegahan seperti menjaga gaya hidup yang sehat dan juga selalu menjaga kebersihan vagina serta melakukan vaksinasi HPV untuk mencegah terkena penyakit ini.

    2. Kanker Payudara

    Jenis kanker pada wanita yang sering diidap lainnya adalah kanker payudara. Jenis penyakit ini merupakan yang terbanyak di Indonesia. Bahkan bisa dibilang sebagai penyebab kasus kematian tertinggi yang ada di tanah air.

    Hal ini dikarenakan penyakit ini tidak hanya menyerang orang lanjut usia saja, melainkan banyak kasus juga ditemukan pada anak muda.

    Ada beberapa langkah pencegahan yang bisa dilakukan. Diantaranya adalah dengan melakukan olahraga yang rutin, menjaga pola makan hingga memiliki gaya hidup yang sehat. Sebut saja, seperti tidak merokok dan mengonsumsi alkohol. Anda juga bisa melakukan tindakan pengecekan secara mandiri apabila terdapat benjolan yang ada di sekitar payudara.

    3. Kanker Usus Besar

    Jangan Sepelekan, Berikut 3 Jenis Kanker yang Kerap Kali Menyerang Wanita

    Kanker usus besar juga menjadi salah satu penyebab kematian terbesar ketiga untuk kaum hawa. Apalagi, di Indonesia sendiri 30 persen merupakan usia yang terbilang masih produktif. Umumnya kanker ini disebabkan gaya hidup yang tidak sehat dan juga faktor genetik.

    Sehingga, salah satu cara untuk mencegahnya adalah dengan mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat. Selain itu, anda juga bisa mengonsumsi makanan yang bergizi dan penuh nutrisi. Hal ini dikarenakan dengan mengubah pola hidup lebih sehat akan menjaga tubuh anda dari terkena penyakit satu ini.

    Itulah beberapa jenis penyakit mematikan yang sering kali diidap oleh wanita. Untuk mencegah penyakit mematikan satu ini, anda perlu untuk menjaga hidup yang sehat, sering berolahraga dan istirahat yang cukup. Selain itu, usahakan untuk melakukan pemeriksaan secara rutin untuk mendeteksi sejak dini.

    (Antik Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img