spot_img
Rabu 1 Desember 2021
spot_img
spot_img

Berikut Ini Cara Mudah Membuat Cairan Disinfektan Untuk Mencegah Penularan Virus Corona

BANDUNG, FOKUSJabar.id: Disinfektan, sampai saat ini pendemi covid-19 belum bisa diperkirakan kapan akan berakhir, tentunya kita dituntut harus selalu menerapkan protokol kesehatan dengan rajin dengan melaksanakan 3M mencuci tangan menggunakan sabun, memakai masker dan menjaga jarak.

Saat ini banyak perkantoran, pertokoan, dan tempat berkativitas masayarakat yang lainnya mulai menyediakan tempat untuk mencuci tangan karena droplet virus Corona dapat menempel pada benda-benda.

Namun ada saat nya dimana masyarakat tidak mendapatkan tempat untuk mencuci tangan karena tidak tersedia. Untuk mengatasi hal tersebut masyarakat harus selalu membawa Handsanitizer dengan tingkat alkohol mencapai 70% yang berguna untuk membunuh virus dan juga kuman.

Baca Juga: Banyaknya Varian Baru Covid-19, Handsanitizer Jadi Barang Yang Wajib Dimiliki

Selain Handsanitizer, salah satu barang yang sangat berguna untuk membunuh virus dan bakteri pada benda-benda dirumah kita yaitu cairan disinfektan.

Selain tangan kita yang harus dibersihkan benda disekitar kita juga harus dibersihkan agar terhindar dari penyebaran virus covid-19.

Banyaknya animo masyarakat untuk membeli cairan cairan tersebut dan membuat stok barang yang tersedia semakin menipis.

Namun tidak perlu panik karena kita juga bisa loh membuat cairan disinfektan sendiri dengan mudah, lalu bagaimana cara membuat cairan tersebut? Simak berikut ini caranya yang dilansir dari berbagai sumber.

1. Membuat disinfektan menggunakan alkohol.

Cara membuat cairan disinfektan menggunakan alkohol sangatlah mudah cukup masukan cairan alkohol 70% kedalam botol kosong lalu reparasi botol tersebut agar bisa menjadi spray atau semprotan, cairan disinfektan sudah bisa digunakan.

2. Menggunakan pemutih atau Bayclean.

Pemutih juga bisa dijadikan untuk bahan membuat disinfektan caranya tuangkan 4 sendok teh pemutih kedalam botol lalu campurkan dengan 946 Mili Liter air setelah itu semprotan kepada benda-benda yang akan dibersihkan tunggu sampai 10 Menit lalu basuh dengan lap basah.

Sebagai informasi cairan pemutih mengandung natrium hipoklorit yang dipercaya sangat ampuh membunuh virus dan kuman.

3. Menggunakan menggunakan Cuka.

Cara membuatnya yaitu siapkan setengah gelas air bersih lalu siapkan satu botol cuka asam setelah itu campurkan keduanya lalu masukan kedalam spray atau botol semprotan cairan disinfektan sudah bisa digunakan.

Untuk mengatasi bau menyengat yang dihasilkan oleh cuka kita juga bisa mencampurkan cairan minyak esensial atau juga pewangi agar bau nya lebih nyaman.

Diketahui bahwa cuka alias asam asetat memiliki sebuah zat antiseptik yang ringan hal tersebutlah yang membuat cuka bisa dijadikan sebagai bahan untuk membuat cairan disinfektan.

(Fauza/Erwin)

Artikel Lainnya

spot_img
spot_img