spot_img
Selasa 3 Agustus 2021
spot_img
spot_img

Cara Atasi Demam Pada Bayi yang Cepat dan Efisien

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Demam merupakan penyakit yang paling umum dialami, baik orang dewasa maupun bayi. Beberapa dianggap biasa, padahal demam bisa menunjukkan jika tubuh sedang melawan penyakit atau infeksi tertentu.

Oleh sebab itu, orang tua harus tahu cara mengatasinya dengan cepat  dan efisien. Mengingat beberapa bayi juga akan menjadi lebih rewel.

1. Cara Tahu Bayi Demam

Sebelum membahas lebih dalam bagaimana cara mengatasinya, ada baiknya tahu lebih dahulu bagaimana bayi demam. Jika mengutip dari IDAI atau Ikatan Dokter Anak Indonesia yang dimuat di SehatQ, suhu normal bayi adalah 36,5 sampai 37 derajat Celcius. Apabila suhunya melebihi maka bayi bisa dikatakan sedang demam.

BACA JUGA: 3 Penyebab dan Cara Atasi Perut Kembung Pada Bayi

Sehingga untuk mengetahui apakah suhunya normal atau tidak, anda harus lebih dahulu melakukan pengukuran dengan termometer. Setelah itu, anda bisa mengatasi yang dialami oleh si bayi. Penyebabnya bisa disebabkan oleh banyak hal, mulai dari imunisasi hingga adanya virus maupun bakteri yang menyerang tubuh.

2. Menurunkan Demam pada Bayi

Cepat dan Efisien, Berikut Cara Atasi Demam Pada Bayi Yang Wajib Diketahui

Jika anda sudah tahu bayi sedang demam, maka anda harus membantu untuk mengatasinya. Ada beberapa cara mengatasi yang bisa anda lakukan. Anda bisa mengganti pakaian yang digunakan menjadi pakaian yang lebih tipis juga ringan. Jika memang membutuhkan selimut, maka tetap gunakan selimut yang nyaman juga sejuk.

Cara ini cukup efektif secara alami. Anda juga bisa mengatur agar suhu kamar atau rumah dalam kondisi yang sejuk. Karena saat bayi kepanasan, maka bisa memburuk. Jika anda menggunakan kipas angin, jangan arahkan kipas angin langsung pada bayi.

Cara yang juga banyak dilakukan adalah dengan mengompres. Anda bisa mengompresnya dengan air hangat. Saat ini juga sudah ada obat kompres yang bisa langsung ditempelkan pada bagian yang panas, seperti jidat. Bukan hanya itu, Cara atasi demam pada bayi juga bisa dilakukan dengan memberikan parasetamol atau ibuprofen.

Pemberian obat ini dianjurkan untuk bayi yang telah usia lebih dari 3 bulan dan tentunya sesuai dengan resep dokter. Bayi yang berusia lebih dari 6 bulan, bisa menggunakan ibuprofen. Pemberian obat tidak boleh sembarangan, lebih baik menggunakan dosis yang diberikan dokter. Karena dosis umumnya akan disesuaikan dengan berat badan bayi.

3. Hal yang Boleh dan Tidak Boleh Dilakukan

Apabila anda sudah melakukan beberapa langkah, maka demam ringan umumnya akan menurun. Namun, anda tetap harus mengetahui hal apa saja yang boleh juga tidak boleh dilakukan. Anda sebaiknya tidak mengenakan bayi pakaian yang tebal dan menggunakan alkohol atau es batu agar suhu anak turun.

Anak tetap diperbolehkan mandi. anda bisa memandikannya dengan air hangat. Saat anak demam, anda juga tetap harus memberikan minum yang cukup. Tujuannya agar bayi tidak mengalami dehidrasi saat suhu tubuhnya naik.Jika muncul gejala lain seperti lemas, muntah, kejang hingga pingsan harus dibawa ke dokter.

Sebagai orang tua tentunya akan cemas jika anak sakit. Sehingga orang tua harus tanggap dalam menangani sakit yang dialami si kecil sekalipun demam. Apabila ada gejala lain yang muncul, maka tidak diperkenankan orang tua menunda pengobatan. Anda juga tak perlu ragu untuk berkonsultasi dengan ahlinya. 

(Antik Asmara)

Artikel Lainnya

spot_img