spot_img
Kamis 28 Maret 2024
spot_img
More

    4 Kebiasaan yang Menjadi Penyebab Osteoporosis, Anda Wajib Tahu

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Osteoporosis adalah sebuah kondisi dimana tulang mengalami penurunan kepadatan. Hal ini tentu saja dikarenakan berbagai macam faktor, salah satunya adalah usia.

    Ketika seseorang telah memasuki usia lanjut, maka hal ini membuatnya akan lebih beresiko terkena penyakit ini. Namun, ada berbagai hal yang bisa menjadi penyebab osteoporosis. Apa saja? Simak selengkapnya disini.

    Mengintip Hal yang Menyebabkan Osteoporosis

    1. Terlalu Banyak Konsumsi Daging dan Makanan Asin

    Jika anda terlalu banyak mengonsumsi daging maupun makanan yang asin, ternyata hal tersebut dapat menimbulkan osteoporosis. Daging memang memiliki peranan yang sangat penting untuk membentuk otot pada tubuh. Akan tetapi, adanya diet tinggi protein akan membuat ginjal menjadi lebih banyak mengeluarkan kalsium. Tentunya hal ini sangat tidak baik untuk tubuh.

    BACA JUGA: Kenali 5 Penyebab Sembelit yang Perlu Anda Ketahui

    Seperti yang anda tahu, kalsium memiliki peranan yang penting dalam pembentukan tulang. Ketika tubuh kehilangan kalsium, tentunya akan membuat mineral yang ada di dalam tubuh menjadi berkurang. Hal ini tentu saja akan menyebabkan tulang mengalami kondisi osteoporosis.

    Selain itu, ketika anda sering mengonsumsi makanan yang asin ternyata juga bisa menjadi salah satu penyebab osteoporosis. Pasalnya, ketika anda banyak mengonsmsi garam, organ ginjal pun akan bekerja lebih ekstra untuk mengeluarkan natrium. Dengan begitu, kalsium akan ikut terbuang sehingga menyebabkan tubuh kekurangan zat penting satu ini.

    2. Kekurangan Kalsium

    4 Kebiasaan yang Menjadi Penyebab Osteoporosis, Anda Wajib Tahu

    Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, jika kalsium memiliki peranan yang sangat penting di dalam pembentukan tulang. Oleh karena itu, tanpa adanya kalsium maka tubuh pun tidak dapat membangun sel sel tulang baru. Sehingga anda tetap harus membutuhkan asupan kalsium yang cukup untuk tubuh. Kalsium sendiri bisa didapatkan dari berbagai sumber makanan yang ada seperti susu.

    3. Tidak Terlalu Sering Melakukan Aktivitas Fisik

    Salah satu hal yang bisa menjadi penyebab osteoporosis adalah kurangnya melakukan aktivitas fisik. Hal ini dikarenakan ketika anda semakin sering untuk menggerakkan tulang maupun menggunakannya, maka hal ini akan membuat tulang pun menjadi lebih kuat dibandingkan dengan biasanya. Untuk itu, sebisa mungkin anda menjalankan aktivitas fisik secara rutin.

    Namun, hal yang sebaliknya juga akan terjadi. Terutama disaat anda terlalu banyak istirahat atau kurang melakukan aktivitas fisik. Hal ini justru akan membuat massa pada tulang semakin berkurang. Oleh karena itu, sebaiknya anda pun melakukan aktivitas fisik secara teratur. Salah satu kegiatan yang bisa anda coba adalah dengan berjalan kaki sebagai bentuk pencegahan dari terkena osteoporosis.

    4. Kurang Mendapatkan Sinar Matahari

    Ketika anda sering berada di dalam rumah saja, hal ini akan membuat anda kekurangan cahaya matahari. Cahaya dari matahari ini sendiri merupakan sumber vitamin D alami yang bisa anda dapatkan. Seperti yang anda tahu, vitamin D memiliki peranan yang penting untuk membantu penyerapan kalsium.

    Sehingga, ketika anda sering menghindari atau tidak terkena cahaya matahari maka hal ini akan menimbulkan efek negatif yakni kekurangan vitamin D di dalam tubuh. Saat anda kekurangan vitamin D, tentu saja akan memilii dampak yang buruk bagi tubuh. Salah satunya adalah menjadi penyebab osteoporosis atau pengeroposan tulang.

    Beberapa hal yang telah disebutkan diatas dapat menjadi penyebab terjadinya pengeroposan pada tulang atau yang dikenal dengan osteoporosis. Penyakit satu ini bisa anda cegah dengan mengonsumsi makanan yang mengandung kalsium dan juga memiliki gaya hidup yang sehat. Lebih baik anda menghindari alkohol karena hal tersebut dapat menjadi salah satu hal yang menyebabkan terjadinya osteoporosis.

    Berita Terbaru

    spot_img