spot_img
Senin 11 Oktober 2021
spot_img
spot_img

Toyota Raize Sudah Bisa Dipesan, Harga Mulai Rp222 Juta

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Setelah resmi diluncurkan PT Toyota-Astra Motor (TAM) pada akhir April 2021 lalu, Toyota Raize sudah bisa dimiliki masyarakat Indonesia. Mobil kategori Sport Utility Vehicle berukuran kecil atau SUV Compact ini sudah bisa dipesan di diler resmi Toyota Indonesia.

Bagi warga Bandung dan sekitarnya, Toyota Raize sudah bisa dipesan diantaranya di dua diler Tunas Toyota. Baik di diler Jalan Cimindi, Kota Cimahi, maupun di Jalan Gatot Subroto, Kota Bandung.

fokusjabar.id toyota Raize tunas Toyota bandung
Penampakan Raize 1.0 Turbo GR Sport di diler Tunas Toyota Cimindi. (FOTO: Ageng)

Kepala Cabang Tunas Toyota Cimindi, Oktavianus mengatakan, Toyota Raize diluncurkan dalam enam varian. Yakni 1.0 Turbo GR Sport CVT TSS (Toyota Safety Sense), 1.0 Turbo GR Sport CVT, 1.0 Turbo G CVT, 1.0 Turbo G M/T, serta varian 1.2 G CVT dan 1.2 G M/T. Masing-masing varian punya pilihan warna one tone dan two tone serta daya tarik sendiri untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang juga beragam.

Untuk varian 1.0 Turbo G dan 1.0 Turbo GR Sport, dibekali mesin 1.000 cc dengan 3 silinder plus turbo. Mesin diklaim mampu menghasilkan tenaga sebesar 98 ps/6000 rpm dan torsi puncak 14,3 kgm/2400-4000 rpm.

fokusjabar.id toyota Raize tunas Toyota bandung
Mesin Raize varian 1.0 Turbo G dan 1.0 Turbo GR Sport dengan 1.000 cc 3 silinder plus turbocharge. (FOTO: Ageng)

Sedangkan untuk varian 1.2 G dibekali mesin 1.200 cc 3 silinder yang diklaim mampu menghasilkan tenaga sebesar 88 ps/6000 rpm. Sedangkan torsi maksimal mencapai 11,5 kgm/4500 rpm.

“Untuk pemesanan di bulan ini, baru varian 1.0 Turbo G dan 1.0 Turbo GR Sport. Sedangkan untuk varian 1.2 G, baru diluncurkan pada semester kedua tahun ini,” kata Oktavianus saat ditemui di diler Tunas Toyota Cimindi, Jalan Raya Cilember, Cimindi, Kota Bandung, Senin (24/5/2021).

BACA JUGA: Persib Latihan Perdana, Ini Kata Made Wirawan

Toyota Raize sebagai salah satu mobil Toyota yang mendapatkan insentif Pajak Penjualan Atas Barang Mewah (PPnBM), dibanderol mulai dari Rp222 juta untuk varian 1.0 Turbo G (M/T) hingga Rp268 juta untuk varian 1.0 Turbo GR Sport TSS. Harga tersebut bisa berubah sesuai dengan insentif PPnBM yang diterapkan sejak 1 Maret 2021.

“Untuk saat ini, calon pembeli bisa menyiapkan booking fee sebesar Rp5 juta yang nanti akan menjadi faktor pengurang harga mobil. Jadi untuk bulan ini baru pemesanan dan di Juni sudah siap unitnya,” kata dia.

fokusjabar.id toyota Raize tunas Toyota bandung
Toyora Raize 1.0 Turbo GR Sport. (FOTO: Ageng)

Toyota Raize menyasar segmen konsumen milenial atau keluarga muda yang membutuhkan mobil SUV compact lima penumpang sebesar 55 persen sebagai first buyer. Lalu untuk additional buyer sebesar 24 persen dengan sasaran generasi X serta investment buyer sebagai mobil pengganti yakni 11 persen yang juga didominasi generasi X.

Lalu untuk target penjualan, dengan produksi yang masih terbatas, Oktavian mengatakan jika cabangnya hanya menargetkan 5 unit per bulan. Sedangkan untuk wilayah Bandung Raya, penjualan di diler resmi Toyota antara 75 sampai 200 unit per bulan.

“Untuk di cabang kami (Tunas Toyota Cimindi) pada bulan ini sudah ada 15 SPK (Surat Pemesanan Kendaraan) sejak selesai lebaran. Segmen untuk mobil ini memang banyak pilihannya. Head to head-nya dengan Daihatsu Roxy, KIA Sonet, serta mobil yang sudah ada sebelumnya seperti Honda Brio, Suzuki Ignis, dan Toyota Yaris,” Oktavian menegaskan.

Kepala Cabang Tunas Toyota Bandung, M. Fajar mengatakan, sebagai mobil yang memiliki tenaga besar, responsif, dan irit bahan bakar, Toyota Raize dianggap cukup mumpuni. Apalagi ditambah dengan teknologi turbocharger sebagai bukti dari performa dan ketangguhan Toyota Raize yang memiliki dimensi lebih kecil, tapi tetap lincah serta stylish.

fokusjabar.id toyota Raize tunas Toyota bandung
Bumper trapezoidal tebal serta kokoh disertai sudut yang menyiku tajam dan agresif di depan membuat Toyota Raize terlihat lebih gagah, sporty, dan atraktif. (FOTO: Ageng)

“Teknologi turbocharger ini bisa mendongkrak tenaga dan torsi mobil lebih besar meski dengan kubikasi yang kecil, lebih unggul dengan varian mobil dengan kapasitas 1.200 cc. Selain itu, dengan turbocharger ini pun membuat penggunaan bahan bakar lebih efisien, suara mesin lebih halus, serta membuat mesin kompak dan ringan,” kata Fajar.

Dikutip dari laman Toyota Indonesia, Toyota Raize memiliki desain dengan konsep kombinasi Bold and Active pada tampilan luar (eksterior) dan Comfort and Utility di bagian dalam (interior). Mobil SUV Compact keluaran terbaru dari Toyota ini hadir dengan panjang 4.030 mm, lebar 1.710 mm, dan tinggi 1.635 mm.

Namun performanya tetap terlihat proporsional berkat wheelbase (jarak sumbu roda) yang mencapai 2.525 mm dan ground clearance mobil setinggi 200 mm. Toyota Raize pun terkesan gagah, sporty, dan atraktif dengan bumper trapezoidal tebal serta kokoh disertai sudut yang menyiku tajam serta agresif di depan.

Illuminating headlamp, daytime running light (DRL), dan Sequential Turn Lamp yang semuanya menggunakan LED pun disematkan di SUV Compact terbaru Toyota ini. Apalagi dengan velg besar 17 inch pada tipe 1.0T yang menambah kesan kokoh dan sporty.

fokusjabar.id toyota Raize tunas Toyota bandung
Stylist Interior Toyota Raize. (FOTO: Toyota Indonesia)

Dari sisi interior, Toyota Raize terbilang cukup lapang dengan kapasitas lima penumpang. Sejumlah fitur dengan teknologi terdepan disematkan di Raize.

Seperti MID 7 inch TFT dengan display interaktif dan modern. Display ini dapat diganti-ganti dalam 4 opsi tampilan yaitu Advanced, Exciting, Simple, dan Analog.

Tak hanya itu, disematkan pula advanced features lain seperti Steering Switch, Interior Illumination, serta Interactive 9 Inch Head Unit dengan floating design dan terkoneksi dengan smart device T-Link dan mempunyai fitur Personal Reminder. Fitur ini pun dapat dimanfaatkan sebagai pengingat aturan pelat nomor ganjil-genap dengan memasukkan data mobil ke dalam sistemnya.

Dari sisi keamanan, seluruh varian Toyota Raize sudah dilengkapi fitur rem dengan Anti-lock Braking System (ABS), Vehicle Stability Control (VSC), Hill Start Assist (HSA), Seatbelt Warning, Rear Parking Sensor, Rear Parking Camera, serta Alarm dan Immobilizer. Sementara pada varian 1.0 Turbo GR Sport CVT TSS, dilengkapi dengan fitur keselamatan yang lebih lengkap seperti 6 Airbags, Pedal Misoperation Control, dan TSS serta BSM RCTA. TSS sendiri merupakan fitur keselamatan yang biasanya terdapat pada model di high-premium segmen.

(Ageng)

Artikel Lainnya

spot_img